ANALISIS NILAI-NILAI KEHIDUPAN TEKS CERITA PENDEK DALAM KUMPULAN CERITA PENDEK INDONESIA 4 DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PRAGMATIK SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS CERITA PENDEK DI KELAS XI

Albab, Ulul (2024) ANALISIS NILAI-NILAI KEHIDUPAN TEKS CERITA PENDEK DALAM KUMPULAN CERITA PENDEK INDONESIA 4 DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PRAGMATIK SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS CERITA PENDEK DI KELAS XI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (108kB)
[img] Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (220kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (66kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR.pdf

Download (158kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (88kB)
[img] Text
7 BAB 1.pdf

Download (174kB)
[img] Text
8 BAB 2.pdf

Download (371kB)
[img] Text
9 BAB 3.pdf

Download (213kB)
[img] Text
10 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text
13 RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] Text
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia ditetapkan sebagai pembelajaran berbasis teks dalam kurikulum 2013 revisi. Teks cerpen termasuk bahan ajar dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Oleh karena itu pemilihan bahan ajar merupakan persoalan penting dalam suatu proses pembelajaran yang utuh. Berdasarkan realitas diketahui bahwa pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah masih menggunakan sumber belajar yang belum variatif. Dengan demikian, risikonya sangat dimungkinkan jika bahan ajar yang dipakai itu tidak kontekstual, tidak menarik, monoton, dan tidak sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Padaakhirnya, peserta didik akan merasa bosan mengikuti proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran menjadi tidak efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah memaparkan kesesuaian teks cerita pendek dari aspek nilai-nilai kehidupan, kriteria bahan ajar, serta memaparkan dapat atau tidaknya teks cerita pendek dalam antologi Cerita Pendek Indonesia 4 dijadikan sebagai alternatif bahan ajar di kelas XI. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan analisis pragmatik. Sumber data penelitian ini adalah teks cerita pendek dari buku kumpulan teks cerita pendek yang berjudul antologi Cerita pendek Indonesia 4. Teks cerita pendek yang diambil sebagai sumber data disesuaikan dengan kriteria bahan ajar sastra dan tema yang bervariasi sehingga diperoleh sumber data sebanyak enam teks cerita pendek. Instrumen analisis berupa lembar analisis kesesuaian nilai-nilai kehidupan, instrumen kesesuaian kriteria bahan ajar, dan LKPD. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai kehidupan teks cerita pendek sesuai dengan kriteria bahan ajar. Uji kelayakan menunjukkan bahwa nilai�nilai kehidupan teks Cerita Pendek Indonesia 4 dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar di kelas XI. Hasil analisis berupa LKPD diuji kelayakan kepada tenaga pendidik, uji ahli, serta peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Aug 2024 01:28
Last Modified: 27 Aug 2024 01:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13567

Actions (login required)

View Item View Item