Purnama, Yuda (2024) IMPLEMENTASI ALGORITMA FISHER YATES SHUFFLE DAN LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR PADA APLIKASI PEMBELAJARAN PRAMUKA BERBASIS ANDROID. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. Cover.pdf Download (146kB) |
|
Text
02. Lembar Pengesahan TA.pdf Download (197kB) |
|
Text
03. Lembar Pengesahan Penguji.pdf Download (195kB) |
|
Text
04. Lembar Pernyataan Keaslian.pdf Download (144kB) |
|
Text
05. Abstrak.pdf Download (113kB) |
|
Text
06. Abstract.pdf Download (133kB) |
|
Text
07. Halaman Persembahan & Motto.pdf Download (83kB) |
|
Text
08. Kata Pengantar.pdf Download (124kB) |
|
Text
09. Daftar Isi.pdf Download (123kB) |
|
Text
10. Daftar Tabel.pdf Download (112kB) |
|
Text
11. Daftar Gambar.pdf Download (85kB) |
|
Text
12. Daftar Source Code Program.pdf Download (84kB) |
|
Text
13. Bab I.pdf Download (138kB) |
|
Text
14. Bab II.pdf Download (352kB) |
|
Text
15. Bab III.pdf Download (317kB) |
|
Text
16. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
17. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
|
Text
18. Daftar Pustaka.pdf Download (109kB) |
|
Text
19. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Pramuka adalah kegiatan ekstrakurikuler yang mengajarkan hal-hal yang tidak diajarkan di sekolah. Dalam gerakan pramuka, nilai-nilai seperti sikap mandiri, rasa tanggung jawab tinggi, peduli satu sama lain, dan berpegang teguh pada prinsip yang diajarkan. Namun sayangnya, masih banyak siswa yang kurang minat dan tertarik dalam mengikuti kegiatan pramuka. Oleh karena itu, penggunaan smartphone dapat dijadikan sebagai salah satu media untuk membantu proses pembelajaran pramuka sehingga dapat menambah motivasi dan minat mereka untuk mempelajari pramuka. Adapun metode Fisher Yates Shuffle dan Linear Congruential Generator yang digunakan dalam aplikasi pramuka bertujuan untuk mengacak soal kuis pramuka agar tidak membuat aplikasi menjadi monoton dan membosankan. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, aplikasi dapat digunakan secara normal dengan tingkat akurasi pengacakan soal menggunakan algoritma Linear Congruential Generator memiliki nilai akurasi 21% lebih tinggi dibandingkan dengan algoritma Fisher Yates Shuffle. Selain itu, berdasarkan pengujian dengan metode SUS (System Usability Scale), aplikasi ini mendapatkan rata - rata nilai 82, nilai Acceptability mendapatkan nilai Acceptable, nilai Grade Scale mendapatkan nilai B, dan nilai Adjective Rating mendapatkan nilai Good. Kata kunci : Pramuka, Media Pembelajaran, Android, Fisher Yates Shuffle, Linear Congruential Generator, System Usability Scale (SUS)
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Informatika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 01:24 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 01:24 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13550 |
Actions (login required)
View Item |