HIDAYAH, ENDAH NUR (2024) PENGARUH MODEL QUESTIONING, ORGANIZING, DOING, AND EVALUATING (QODE) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI GELOMBANG BUNYI (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (16kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (209kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (208kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (148kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (89kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (140kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (95kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (339kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (717kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
|
Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains pada pembelajaran fisika. Hal ini disebabkan karena dalam proses pembelajaran jarang dilakukan praktikum dikarenakan adanya keterbatasan alat dan bahan. Salah satu solusi yang dilakukan peneliti untuk mengatasi masalah tersebut yaitu menerapkan model Questioning, Organizing, Doing, and Evaluating (QODE). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Questioning, Organizing, Doing, and Evaluating (QODE) terhadap keterampilan proses sains pada materi gelombang bunyi di kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian posttest only control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Tasikmalaya sebanyak 5 kelas yang berjumlah 184 orang. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Keterampilan proses sains diukur menggunakan tes berupa soal pilihan ganda berjumlah 16 butir soal setelah diberikan perlakuan (posttest). Hasil uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon dengan taraf signifikansi α=0,05 diperoleh
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 00:53 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 00:53 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13286 |
Actions (login required)
View Item |