Yuliana, Aneu Rizky (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) BERBANTUAN MEDIA GAME OF QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Geografi Materi Lapisan Atmosfer Kelas X SMA Negeri 24 Garut). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (229kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (69kB) |
|
Text
3 LEMBAR PENGUJI.pdf Download (37kB) |
|
Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (59kB) |
|
Text
5 ABSTRAK.pdf Download (286kB) |
|
Text
6 KATA PENGANTAR.pdf Download (283kB) |
|
Text
7 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (228kB) |
|
Text
8 DAFTAR ISI.pdf Download (229kB) |
|
Text
9 DAFTAR TABEL.pdf Download (246kB) |
|
Text
10 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (240kB) |
|
Text
11 BAB 1.pdf Download (267kB) |
|
Text
12 BAB 2.pdf Download (691kB) |
|
Text
13 BAB 3.pdf Download (447kB) |
|
Text
14 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
|
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
|
Text
17 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
18 RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran geografi yang masih rendah dalam memahami materi karakteristik lapisan atmosfer. Materi tersebut dipelajari di kelas X yang terdapat dalam kurikulum Merdeka. Adanya kesulotan dari guru dalam penyampaian materi agar siswa mampu memahami materi yang diberikan dikarenakan cara belajar siswa yang beragam menjadi salah satu faktor rendahnya hasil belajar kognitif, di mana masih banyaknya siswa dengan hasil belajar kognitif di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan dan pengaruh penerapan Model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan media game of question card pada materi karakteristik lapisan atmosfer di kelas X SMA Negeri 24 Garut, Kabupaten Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling, sebanyak 67 orang yang terdiri dari dua kelas, kelas X-01 (kelas eksperimen) dan kelas X-02 (kelas kontrol), dengan teknik analisis data yaitu analitis deskriptif, analisis data statistic, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan media game of question card terdiri dari langkah: Auditory, Intellectually, Repetition. Kelas yang diberikan treatment dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan media game of question card dibuktikan oleh hasil perhitungan nilai gain yang didapat di kelas eksperimen lebih banyak di 0, 559 dengan kategori sedang, sedangkan di kelas kontrol lebih banyak di 0,36 dengan kategori sedang, Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan media game of question card memiliki pengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) tanpa menggunakan media pembelajaran. Kata Kunci: Auditory Intellectually Repetition (AIR), media game of question card, hasil belajar kognitif
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 08:52 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 08:52 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13167 |
Actions (login required)
View Item |