PROSES BERPIKIR KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Penelitian terhadap Peserta Didik di SMP Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2017/2018)

DALILAH FITRI ROHMATIKA, DILLA (2018) PROSES BERPIKIR KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Penelitian terhadap Peserta Didik di SMP Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2017/2018). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI_DILLA_DALILAH_FITRI_ROHMATIKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses berpikir koneksi matematis peserta didik di Sekolah Menengah Pertama dan letak kesalahan dalam menyelesaikan soal dengan materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini enam orang peserta didik kelas VIII A yang berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah di SMP Negeri 2 Tasikmalaya tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen penelitian terdiri dari soal tes kemampuan koneksi matematis dan pedoman wawancara. Analisis data kualitatif menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan kerangka teoritis, dapat ditarik simpulan yaitu (1) Proses berpikir peserta didik berkemampuan tinggi dan sedang dalam menyelesaikan soal koneksi matematika dalam kehidupan sehari-hari serta koneksi antar topik matematika, sudah melalui langkah proses berpikir yang lengkap yaitu pembentukan pengertian, pembentukan pendapat, dan penarikan kesimpulan/pembentukan keputusan. Tetapi, proses berpikir dalam menyelesaikan soal koneksi antara topik matematika dengan bidang studi lain, hanya peserta didik berkemampuan tinggi dan sedang yang dapat melalui langkah proses berpikir secara lengkap sedangkan peserta didik berkemampuan rendah tidak melalui langkah proses berpikir yang lengkap yaitu hanya pembentukan pengertian. (2) Letak kesalahan yang terjadi dalam menyelesaikan soal terdapat pada kesalahan membuat model matematika yaitu tidak menuliskan model matematika dan tidak lengkap menulis pemisalan variabel yang dipakai pada pembuatan model, kesalahan dalam menyelesaikan model matematika yaitu pada saat mensubstitusikan nilai proses perhitungan, dan kesalahan menuliskan jawaban akhir soal. Kata kunci: Proses berpikir, kemampuan koneksi matematis, kesalahan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 28 Oct 2019 04:27
Last Modified: 28 Oct 2019 04:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1307

Actions (login required)

View Item View Item