PENGARUH MODEL SKIMMING, MIND MAPPING, QUESTIONING, EXPLORING, WRITING, COMMUNICATING (SIMAS ERIC) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Cihaurbeuti Tahun Ajaran 2023/2024)

ANITASA, MAYA (2024) PENGARUH MODEL SKIMMING, MIND MAPPING, QUESTIONING, EXPLORING, WRITING, COMMUNICATING (SIMAS ERIC) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Cihaurbeuti Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (251kB)
[img] Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (176kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR.pdf

Download (6kB)
[img] Text
6 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (88kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (146kB)
[img] Text
8 BAB 1.pdf

Download (236kB)
[img] Text
9 BAB 2.pdf

Download (302kB)
[img] Text
10 BAB 3.pdf

Download (408kB)
[img] Text
11 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img] Text
12 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] Text
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img] Text
15 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)

Abstract

Maya Anitasa. 2024. PENGARUH MODEL SKIMMING, MIND MAPPING, QUESTIONING, EXPLORING, WRITING, COMMUNICATING (SIMAS ERIC) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa serta kurangnya inovasi penggunaan model pembelajaran fisika di kelas. Rendahnya hasil belajar kognitif siswa dilihat dari nilai ulangan rata-rata setiap kelas masih belum mencapai KKM sepenuhnya. Padahal hasil belajar kognitif merupakan tolak ukur keberhasilan belajar siswa. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan model Pembelajaran Skimming, Mind Mapping, Questioning, Exploring, Writing, Communicating (SIMAS ERIC) dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model SIMAS ERIC terhadap hasil belajar kognitif siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experiment dengan desain penelitian posttest only design. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas X MIPA di SMAN 1 Cihaurbeuti Tahun Ajaran 2023/2024 sebanyak 7 kelas. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur hasil belajar kognitif dilakukan setelah perlakuan (Posttest) berbentuk tes pilihan ganda tingkat 2 sebanyak 10 soal pada materi usaha dan energi dengan alokasi waktu 60 menit. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 08 Aug 2024 06:42
Last Modified: 08 Aug 2024 06:42
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13058

Actions (login required)

View Item View Item