TASYA, NITA (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA (Studi Kasus Benteng Farmhouse di Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. cover.pdf Download (47kB) |
|
Text
2. pernyataan.pdf Download (271kB) |
|
Text
3. pengesahan.pdf Download (246kB) |
|
Text
4. kata pengantar.pdf Download (71kB) |
|
Text
5. abstrak.pdf Download (12kB) |
|
Text
6. daftar isi.pdf Download (97kB) |
|
Text
7. bab i.pdf Download (74kB) |
|
Text
8. bab ii.pdf Download (161kB) |
|
Text
9. bab iii.pdf Download (180kB) |
|
Text
10. bab iv.pdf Download (79kB) |
|
Text
11. bab v.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
|
Text
12. bab vi.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Text
13. daftar pustaka.pdf Download (83kB) |
|
Text
14. lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) |
|
Text
15. riwayat hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
Abstract
Agrowisata adalah suatu bentuk wisata yang memanfaatkan usaha tani sebagai objek wisata dengan tujuan untuk memperluas pengetahuan, pengalaman rekreasi, dan hubungan usaha di bidang pertanian. Metode pengolahan dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari analisis lingkungan internal dan eksternal, perumusan strategi dan menentukan prioritas startegi. Alat analisis yang digunakan adalah matriks IFAS, matriks EFAS, matriks SWOT dan AHP. Hasil analisis diketahui terdapat 6 faktor yang menjadi kekuatan, 4 faktor kelemahan, 6 faktor peluang dan 4 faktor ancaman pada Agrowisata Benteng Farmhouse. Berdasarkan analisis Diagram SWOT, diketahui bahwa Agrowisata Benteng Farmhouse berada pada kuadran I yang berarti bahwa strategi yang diterapkan yaitu menggunakan kekuatan dengan memanfaatkan peluang yang ada. Terdapat empat Strategi yang dapat diterapkan pada Agrowisata Benteng Farmhouse yaitu (1) memanfatkan Sumberdaya yang ada di Agrowisata, (2) mengembangkan Potensi Agrowisata, (3) meningkatkan kerjasama antara stakeholder dengan pengelola Agrowisata, (4) meningkatkan manajemen pemasaran Agrowisata. Prioritas strategi berdasarkan anaalisis AHP yaitu Meningkatkan manajemen pemasaran Agrowisata Benteng Farmhouse, kedua yaitu mengembangkan potensi Agrowisata Benteng Farmhouse, ketiga yaitu meningkatkan kerjasama antara stakeholder dengan pengelola Agrowisata Benteng Farmhouse, dan prioritas strategi yang terakhir yaitu memanfaatkan sumberdaya yang ada di Agrowisata Benteng Farmhouse dengan rasio inkonsistensi yang diperoleh sebesar 5,2 persen. Sementara prioritas antara sub strategi didapatkan bahwa bekerjasama dengan agrowisata lain serta biro pariwisata untuk menghimpun pengunjung dalam skala besar merupakan prioritas utama yang dipilih sebagai strategi pengembangan Agrowisata Benteng Farmhouse merupakan strategi utama dengan rasio inkonsistensi sebesar 6,8 persen. Kata kunci: Agrowisata, SWOT, AHP
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 01:10 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 01:10 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13055 |
Actions (login required)
View Item |