STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA (Studi Kasus Benteng Farmhouse di Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya)

TASYA, NITA (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA (Studi Kasus Benteng Farmhouse di Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (47kB)
[img] Text
2. pernyataan.pdf

Download (271kB)
[img] Text
3. pengesahan.pdf

Download (246kB)
[img] Text
4. kata pengantar.pdf

Download (71kB)
[img] Text
5. abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text
6. daftar isi.pdf

Download (97kB)
[img] Text
7. bab i.pdf

Download (74kB)
[img] Text
8. bab ii.pdf

Download (161kB)
[img] Text
9. bab iii.pdf

Download (180kB)
[img] Text
10. bab iv.pdf

Download (79kB)
[img] Text
11. bab v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] Text
12. bab vi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
13. daftar pustaka.pdf

Download (83kB)
[img] Text
14. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)
[img] Text
15. riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)

Abstract

Agrowisata adalah suatu bentuk wisata yang memanfaatkan usaha tani sebagai objek wisata dengan tujuan untuk memperluas pengetahuan, pengalaman rekreasi, dan hubungan usaha di bidang pertanian. Metode pengolahan dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari analisis lingkungan internal dan eksternal, perumusan strategi dan menentukan prioritas startegi. Alat analisis yang digunakan adalah matriks IFAS, matriks EFAS, matriks SWOT dan AHP. Hasil analisis diketahui terdapat 6 faktor yang menjadi kekuatan, 4 faktor kelemahan, 6 faktor peluang dan 4 faktor ancaman pada Agrowisata Benteng Farmhouse. Berdasarkan analisis Diagram SWOT, diketahui bahwa Agrowisata Benteng Farmhouse berada pada kuadran I yang berarti bahwa strategi yang diterapkan yaitu menggunakan kekuatan dengan memanfaatkan peluang yang ada. Terdapat empat Strategi yang dapat diterapkan pada Agrowisata Benteng Farmhouse yaitu (1) memanfatkan Sumberdaya yang ada di Agrowisata, (2) mengembangkan Potensi Agrowisata, (3) meningkatkan kerjasama antara stakeholder dengan pengelola Agrowisata, (4) meningkatkan manajemen pemasaran Agrowisata. Prioritas strategi berdasarkan anaalisis AHP yaitu Meningkatkan manajemen pemasaran Agrowisata Benteng Farmhouse, kedua yaitu mengembangkan potensi Agrowisata Benteng Farmhouse, ketiga yaitu meningkatkan kerjasama antara stakeholder dengan pengelola Agrowisata Benteng Farmhouse, dan prioritas strategi yang terakhir yaitu memanfaatkan sumberdaya yang ada di Agrowisata Benteng Farmhouse dengan rasio inkonsistensi yang diperoleh sebesar 5,2 persen. Sementara prioritas antara sub strategi didapatkan bahwa bekerjasama dengan agrowisata lain serta biro pariwisata untuk menghimpun pengunjung dalam skala besar merupakan prioritas utama yang dipilih sebagai strategi pengembangan Agrowisata Benteng Farmhouse merupakan strategi utama dengan rasio inkonsistensi sebesar 6,8 persen. Kata kunci: Agrowisata, SWOT, AHP

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 12 Aug 2024 01:10
Last Modified: 12 Aug 2024 01:10
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13055

Actions (login required)

View Item View Item