GINA, SALWA ALYA (2024) KORELASI SELF-REGULATED LEARNING DAN METAKOGNITIF TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di SMA Negeri 1 Tasikmalaya, Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER .pdf Download (51kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (228kB) |
|
Text
3. SURAT PERNYATAAN .pdf Download (40kB) |
|
Text
4. ABSTRAK .pdf Download (31kB) |
|
Text
5. ABSTRACT .pdf Download (30kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR .pdf Download (105kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (33kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR DAN LAMPIRAN .pdf Download (171kB) |
|
Text
9. BAB I .pdf Download (73kB) |
|
Text
10. BAB II .pdf Download (236kB) |
|
Text
11. BAB III .pdf Download (873kB) |
|
Text
12. BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (539kB) |
|
Text
13. BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (224kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP .pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
Abstract
Resiliensi akademik sebagai kompetensi dasar abad 21 dipengaruhi oleh beberapa faktor yang setidaknya harus dimiliki oleh peserta didik diantaranya self�regulated learning dan kemampuan metakognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara self-regulated learning dan metakognitif terhadap resiliensi akademik peserta didik pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Maret 2024. Metode yang digunakan adalah korelasional dengan sampel yang diambil menggunakan teknik kuota sampling yaitu seluruh peserta didik kelas X, kelas XI dan kelas XII dengan konsentrasi pada mata pelajaran biologi sebanyak 211 orang. Terdiri dari tiga instrumen yang sudah tervalidasi yaitu Motivated Strategies for Learning Questionnare (MSLQ), Metacognitif Awareness Inventory (MAI) dan Academic Resilience Scale (ASR-30). Data dianalisis dengan uji regresi korelasi bivariat dan multivariat. Berdasarkan hasil penelitian: (1) ada korelasi yang sangat kuat (R= 0,811 dan R2= 0,658) antara self-regulated learning terhadap resiliensi akademik peserta didik; dan (2) ada korelasi yang kuat (R= 0,792 dan R2= 0,627) antara metakognitif terhadap resiliensi akademik. Sementara itu, untuk korelasi antara self-regulated learning dan metakognitif terhadap resiliensi akademik menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat (R= 0,813 dan R2= 0,661) dengan kontribusi sebesar 66,1% sedangkan sisanya 33,9% ditentukan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Diantara kedua variabel bebas dalam penelitian ini, yang memberikan sumbangan efektif (SE) lebih besar terhadap resiliensi akademik adalah self-regulated learning, sebesar 50,7%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pentingnya self-regulated learning dan metakognitif perlu di implementasikan ke dalam proses serta tujuan pembelajaran sebagai pelatihan kompetensi dasar abad 21 untuk meningkatkan resiliensi akademik. Kata Kunci: Korelasi; Metakognitif; Resiliensi Akademik; Self-Regulated Learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 01:04 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 01:04 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13037 |
Actions (login required)
View Item |