KORELASI SELF-REGULATED LEARNING DAN METAKOGNITIF TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di SMA Negeri 1 Tasikmalaya, Tahun Ajaran 2023/2024)

GINA, SALWA ALYA (2024) KORELASI SELF-REGULATED LEARNING DAN METAKOGNITIF TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di SMA Negeri 1 Tasikmalaya, Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER .pdf

Download (51kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (228kB)
[img] Text
3. SURAT PERNYATAAN .pdf

Download (40kB)
[img] Text
4. ABSTRAK .pdf

Download (31kB)
[img] Text
5. ABSTRACT .pdf

Download (30kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR .pdf

Download (105kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (33kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR DAN LAMPIRAN .pdf

Download (171kB)
[img] Text
9. BAB I .pdf

Download (73kB)
[img] Text
10. BAB II .pdf

Download (236kB)
[img] Text
11. BAB III .pdf

Download (873kB)
[img] Text
12. BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
13. BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (224kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)

Abstract

Resiliensi akademik sebagai kompetensi dasar abad 21 dipengaruhi oleh beberapa faktor yang setidaknya harus dimiliki oleh peserta didik diantaranya self�regulated learning dan kemampuan metakognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara self-regulated learning dan metakognitif terhadap resiliensi akademik peserta didik pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Maret 2024. Metode yang digunakan adalah korelasional dengan sampel yang diambil menggunakan teknik kuota sampling yaitu seluruh peserta didik kelas X, kelas XI dan kelas XII dengan konsentrasi pada mata pelajaran biologi sebanyak 211 orang. Terdiri dari tiga instrumen yang sudah tervalidasi yaitu Motivated Strategies for Learning Questionnare (MSLQ), Metacognitif Awareness Inventory (MAI) dan Academic Resilience Scale (ASR-30). Data dianalisis dengan uji regresi korelasi bivariat dan multivariat. Berdasarkan hasil penelitian: (1) ada korelasi yang sangat kuat (R= 0,811 dan R2= 0,658) antara self-regulated learning terhadap resiliensi akademik peserta didik; dan (2) ada korelasi yang kuat (R= 0,792 dan R2= 0,627) antara metakognitif terhadap resiliensi akademik. Sementara itu, untuk korelasi antara self-regulated learning dan metakognitif terhadap resiliensi akademik menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat (R= 0,813 dan R2= 0,661) dengan kontribusi sebesar 66,1% sedangkan sisanya 33,9% ditentukan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Diantara kedua variabel bebas dalam penelitian ini, yang memberikan sumbangan efektif (SE) lebih besar terhadap resiliensi akademik adalah self-regulated learning, sebesar 50,7%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pentingnya self-regulated learning dan metakognitif perlu di implementasikan ke dalam proses serta tujuan pembelajaran sebagai pelatihan kompetensi dasar abad 21 untuk meningkatkan resiliensi akademik. Kata Kunci: Korelasi; Metakognitif; Resiliensi Akademik; Self-Regulated Learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 12 Aug 2024 01:04
Last Modified: 12 Aug 2024 01:04
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13037

Actions (login required)

View Item View Item