ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR

TAELA, TAELA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN TAELA.pdf

Download (451kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN TAELA.pdf

Download (393kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (53kB)
[img] Text
6. DAFTAR -DAFTAR.pdf

Download (80kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (87kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (434kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (178kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir logis matematis peserta didik yang ditinjau dari kemandirian belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIPA-1 SMA Negeri Ciawigebang Kuningan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian eksplorasi. Teknik pengumpulan data digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kategori kemandirian tinggi kemampuan berpikir logis S11 mampu memenuhi semua indiktor, serta mampu menjawab soal tes dengan benar, hal ini menunjukkan bahwa tingkatan kemandirian belajar tinggi akan menghasilkan kemampuan berpikir logis yang tinggi pula. Pada kategori sedang kemampuan berpikir logis matematis S21 mampu memenuhi semua indikator, namun dalam penyelesaian soal terdapat kesalahan dalam menuliskan satuan yang harusnya meter tetapi ditulis centimeter. Subjek S21 juga tidak percaya diri dalam mengerjakan soal sehingga tergesa gesa dalam menyelesaikan masalah dalam soal tes. Pada kategori kemandirian rendah subjek S6 mampu memenuhi semua indiktor, namun subjek S6 tidak mampu memjawab soal dengan benar, kurangnya percaya diri dan selalu mengandalkan teman sehingga S6 tidak fokus terhadap apa yang dikerjakan. Kata Kunci: Kemampuan berpikir logis matematis, Kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:28
Last Modified: 07 Aug 2024 02:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12985

Actions (login required)

View Item View Item