EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR (Studi pada program pendidikan kesetaraan paket C PKBM Gema Kota Tasikmalaya)

Salsabila, Zahra Alma (2024) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR (Studi pada program pendidikan kesetaraan paket C PKBM Gema Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (26kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (42kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (30kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (40kB)
[img] Text
5. HALAMAN PERIBADI.pdf

Download (7kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (122kB)
[img] Text
8. UCAPAN TRIMAKASIH.pdf

Download (76kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
10. BAB 1.pdf

Download (91kB)
[img] Text
11. BAB 2.pdf

Download (162kB)
[img] Text
12. BAB 3.pdf

Download (157kB)
[img] Text
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)

Abstract

Pembelajaran yang berhasil dilihat dari suasana kelas serta adanya interaksi antara tutor dan warga belajar, penggunaan media pembelajaran yang monoton menyebabkan warga belajar menjadi mudah bosan dan mengantuk saat belajar, hal ini sangat berpengaruh tehadap hasil belajar warga belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas pemanfaatan media pembelajaran wordwall terhadap hasil belajar paket C di PKBM Gema. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, sampel dalam penelitian ini berjumlah 12 orang warga belajar analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan terakhir uji T atau uji beda. Hasil dari penelitian ini adalah warga belajar di kelas eksperimen mampu mendapatkan hasil belajar lebih tinggi di bandingkan dengan warga belajar di kelas kontrol, hal yang membedakan dari kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran wordwall saat dilakukan posttest, sedangkan kelas kontol menggunakan kertas. Dari soal yang diberikan semuanya sama dengan jumlah soal 25. Kesimpulannya pemanfaatan media pembelajaran wordwaal direspon positif oleh warga belajar dan juga tutor, banyak warga belajar yang menjadi antusias untuk mengikuti pembelajaran dan juga warga belajar menjadi fokus menyimak tentang apa yang di sampaikan mengenai materi pembelajaran selain itu hasil yang test yang didapatkan juga membuktkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran wordwall terbukti efektif. Kata Kunci ; Media pembelajaran, Wordwall, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:20
Last Modified: 07 Aug 2024 02:20
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12955

Actions (login required)

View Item View Item