Salsabila, Zahra Alma (2024) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR (Studi pada program pendidikan kesetaraan paket C PKBM Gema Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (26kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (42kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (30kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (40kB) |
|
Text
5. HALAMAN PERIBADI.pdf Download (7kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (122kB) |
|
Text
8. UCAPAN TRIMAKASIH.pdf Download (76kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (163kB) |
|
Text
10. BAB 1.pdf Download (91kB) |
|
Text
11. BAB 2.pdf Download (162kB) |
|
Text
12. BAB 3.pdf Download (157kB) |
|
Text
13. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
|
Text
14. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
Abstract
Pembelajaran yang berhasil dilihat dari suasana kelas serta adanya interaksi antara tutor dan warga belajar, penggunaan media pembelajaran yang monoton menyebabkan warga belajar menjadi mudah bosan dan mengantuk saat belajar, hal ini sangat berpengaruh tehadap hasil belajar warga belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas pemanfaatan media pembelajaran wordwall terhadap hasil belajar paket C di PKBM Gema. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, sampel dalam penelitian ini berjumlah 12 orang warga belajar analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan terakhir uji T atau uji beda. Hasil dari penelitian ini adalah warga belajar di kelas eksperimen mampu mendapatkan hasil belajar lebih tinggi di bandingkan dengan warga belajar di kelas kontrol, hal yang membedakan dari kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran wordwall saat dilakukan posttest, sedangkan kelas kontol menggunakan kertas. Dari soal yang diberikan semuanya sama dengan jumlah soal 25. Kesimpulannya pemanfaatan media pembelajaran wordwaal direspon positif oleh warga belajar dan juga tutor, banyak warga belajar yang menjadi antusias untuk mengikuti pembelajaran dan juga warga belajar menjadi fokus menyimak tentang apa yang di sampaikan mengenai materi pembelajaran selain itu hasil yang test yang didapatkan juga membuktkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran wordwall terbukti efektif. Kata Kunci ; Media pembelajaran, Wordwall, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 02:20 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 02:20 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12955 |
Actions (login required)
View Item |