APRILIA, APRILIA (2024) PERANCANGAN APLIKASI GEOSMART SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN GEOGRAFI (Studi pada Materi Fenomena Geosfer Kelas X MAS ALIF Al-Ittifaq Kabupaten Bandung). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (41kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (262kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (174kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (198kB) |
|
Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (88kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (133kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (102kB) |
|
Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (320kB) |
|
Text
9. BAB I.pdf Download (125kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Download (406kB) |
|
Text
11. BAB 3.pdf Download (427kB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (0B) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Pembelajaran geografi mempelajari secara komprehensif mengenai fenomena yang terjadi di permukaan bumi. Berdasarkan temuan penelitian beberapa tahun terakhir bahwa peserta didik menganggap mata pelajaran geografi memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi terkhusus dalam memahami materi. Salah satu materi yang kompleks untuk dipelajari adalah materi fenomena geosfer. Hal tersebut karena minimnya penggunaan media pembelajaran yang variatif. Hasil observasi dan hasil wawancara pada guru mata pelajaran geografi di MAS ALIF Al-Ittifaq menunjukan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran baru mengadaptasi teknologi dengan memanfaatkan website online kuis. Kemudian hasil dari kuesioner menunjukan peserta didik setuju bahwa penggunaan teknologi memudahkan dalam memahami materi dan peserta didik setuju bahwa perlu adanya pengembangan media pembelajaran interaktif. Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi dapat dilakukan melalui perancangan media pembelajaran berbasis aplikasi. Aplikasi yang akan dirancang merupakan aplikasi geosmart untuk mata pelajaran geografi materi fenomena geosfer. Metode penelitian yang digunakan adalah metode R&D menggunakan model Luther. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, kuesioner, studi literatur, dan studi dokumentasi. Sampel uji beta merupakan peserta didik MAS ALIF Al-Ittifaq kelas X yang berjumlah 31 orang dan 1 guru mata pelajaran geografi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif sederhana yang digunakan pada tahap pengujian alpha dan beta. Hasil penelitian adalah terlaksananya langkah-langkah perancangan berdasarkan model yang digunakan dan terlaksananya langkah-langkah penggunaan aplikasi geosmart berdasarkan standar operasional prosedur penggunaan yang telah dibuat. Hasil uji alpha pada aplikasi geosmart dari ahli media menunjukan dinyatakan sangat layak. Hasil uji beta pada pengguna akhir menunjukan bahwa aplikasi geosmart sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran interaktif mata pelajaran geografi. Kata Kunci: aplikasi geosmart, media pembelajaran interaktif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 07:40 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 07:40 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12822 |
Actions (login required)
View Item |