PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP CREATIVE ACCOUNTING (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Siliwangi)

ROHMAN, NURUL ABDUL (2023) PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP CREATIVE ACCOUNTING (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Siliwangi). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (58kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (592kB)
[img] Text
3. MOTTO.pdf

Download (88kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (393kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (80kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (100kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (309kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (53kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa akuntansi tentang praktik creative accounting ditinjau dari teori akuntansi positif dan teori etika. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dengan 10 mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Siliwangi sebagai informan kunci. Hasil wawancara tentang creative accounting kemudian dianalisis dengan teori akuntansi positif dan teori etika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik creative accounting legal untuk dilakukan selama tidak melanggar ketentuan hukum dan standar akuntansi yang berlaku. Disisi lain, belum ada regulasi yang menyatakan secara lugas bahwa praktik creative accounting ilegal atau tidak sah untuk dilakukan, dan para informan yang merupakan mahasiswa akuntansi di Universitas Siliwangi menilai bahwa praktik creative accounting merupakan konsekuensi dari fleksibilitas peraturan akuntansi yang memberikan terlalu banyak kebebasan kepada perusahaan dan tidak mengatur transparansi. Namun pada praktiknya, informasi yang dihasilkan oleh praktik creative accounting mungkin akan menimbulkan kontroversi karena didalamnya ada kemungkinan manipulasi dan pelanggaran etika. Dan creative accounting tidak dapat diterima dari teori etika deontologi, teori etika utilitarianisme, dan teori etika egoisme etis. Mahasiswa menganggap bahwa creative accounting adalah perbuatan yang tidak etis. Kata kunci: Persepsi, Mahasiswa Akuntansi, Creative Accounting, Teori Akuntansi Positif, Teori Etika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 29 Jul 2024 02:58
Last Modified: 29 Jul 2024 02:58
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12688

Actions (login required)

View Item View Item