PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII C MTs YPI Sufyan Tsauri Wanareja Tahun Ajaran 2021/2022)

Fadhila, Annisa (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII C MTs YPI Sufyan Tsauri Wanareja Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (14kB)
[img] Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (220kB)
[img] Text
3. LEMNAR PERNYATAAN.pdf

Download (215kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (196kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (309kB)
[img] Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (204kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (219kB)
[img] Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (207kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (147kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (200kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (424kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks eksposisi merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII SMP/MTs sederajat berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Think Pairs Share (TPS) meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VIII MTs YPI Sufyan Tsauri dalam mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks eksposisi tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-C MTs YPI Sufyan Tsauri Wanareja tahun ajaran 2021/2022. Pada siklus I pertemuan pertama KD 3.5 terdapat 21 peserta didik (58,3%) yang belum mencapai KKM, dan 15 peserta didik (41,7%) yang sudah mencapai KKM, sedangkan pertemuan kedua KD 4.5 terdapat 16 peserta didik (44,5%) yang belum mencapai KKM, dan 20 peserta didik (55,5%) yang sudah mencapai KKM. Pada siklus II pertemuan pertama dan kedua KD 3.5 dan KD 4.5 seluruh peserta didik (100%) telah mencapai KKM yang telah ditetapkan adalah 71. Dengan demikian terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II. Artinya , hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Model pembelajaran Think Pairs Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VIII-C MTs YPI Sufyan Tsauri Wanareja tahun ajaran 2021/2022 dalam mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks eksposisi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 19 Mar 2024 02:26
Last Modified: 19 Mar 2024 02:26
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12333

Actions (login required)

View Item View Item