PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENYIMPULKAN TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSITED INDIVIDUALIZATION (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022)

Srimulyani, Pujhi Wulandari (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENYIMPULKAN TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSITED INDIVIDUALIZATION (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (92kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (208kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (198kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (66kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (132kB)
[img] Text
6. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (83kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (170kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (304kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (163kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (66kB)
[img] Text
12. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)

Abstract

Kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan menyimpulkan teks berita merupakan kompetensi dasar mata pelajaran bahasa Indoneisa dalam kurikulum 2013 yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII. Namun kenyataannya, di SMP Negeri 9 Tasikmalaya masih banyak peserta didik yang belum mampu mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan menyimpulkan teks berita. Rumusan masalah penelitian ini adalah dapatkah model pembelajaran Team Assited Individualization meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan menyimpulkan teks berita pada peserta didik kelas VIII-E SMP Negeri 9 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Penelitian yang penulis lakukan mempunyai tujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Team Assited Individualization meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Team Assited Individualization meningkatkan kemampuan menyimpulkan teks berita pada peserta didik kelas VIII-E SMP Negeri 9 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Penulis menggunakan model pembelajaran Team Assited Individuaization (TAI). Model pembelajaran Team Assited Individualization (TAI) dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks beritaserta menyimpulkan teks berita pada peserta didik kelas VIII-E SMP Negeri 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022. Hal tersebut dapat dibuktikan pada siklus kesatu ternyata peserta didik yang sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal KKM sebanyak 22 orang (69%), peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal KKM sebanyak 10 orang (31%) untuk menelaah pola penyajian dan kaidah kebahasaan teks iklan. Sedangkan hasil dari menyajikan teks iklan yang sudah memenuhi kriteria ketuntuasan minimal pada siklus pertama sebanyak 19 orang (59%) dan yang belum memenuhi KKM sebanyak 13 orang (41%). Pada siklus kedua semua peserta didik telah memiliki nilai pengetahuan dan keterampilan mencapai KKM (100%).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Mar 2024 01:37
Last Modified: 14 Mar 2024 01:37
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12316

Actions (login required)

View Item View Item