Srimulyani, Pujhi Wulandari (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENYIMPULKAN TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSITED INDIVIDUALIZATION (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (92kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (208kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (198kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (66kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (132kB) |
|
Text
6. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (83kB) |
|
Text
7. BAB 1.pdf Download (170kB) |
|
Text
8. BAB 2.pdf Download (304kB) |
|
Text
9. BAB 3.pdf Download (163kB) |
|
Text
10. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (584kB) |
|
Text
11. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (66kB) |
|
Text
12. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
13. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
Abstract
Kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan menyimpulkan teks berita merupakan kompetensi dasar mata pelajaran bahasa Indoneisa dalam kurikulum 2013 yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII. Namun kenyataannya, di SMP Negeri 9 Tasikmalaya masih banyak peserta didik yang belum mampu mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan menyimpulkan teks berita. Rumusan masalah penelitian ini adalah dapatkah model pembelajaran Team Assited Individualization meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan menyimpulkan teks berita pada peserta didik kelas VIII-E SMP Negeri 9 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Penelitian yang penulis lakukan mempunyai tujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Team Assited Individualization meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Team Assited Individualization meningkatkan kemampuan menyimpulkan teks berita pada peserta didik kelas VIII-E SMP Negeri 9 Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Penulis menggunakan model pembelajaran Team Assited Individuaization (TAI). Model pembelajaran Team Assited Individualization (TAI) dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks beritaserta menyimpulkan teks berita pada peserta didik kelas VIII-E SMP Negeri 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022. Hal tersebut dapat dibuktikan pada siklus kesatu ternyata peserta didik yang sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal KKM sebanyak 22 orang (69%), peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal KKM sebanyak 10 orang (31%) untuk menelaah pola penyajian dan kaidah kebahasaan teks iklan. Sedangkan hasil dari menyajikan teks iklan yang sudah memenuhi kriteria ketuntuasan minimal pada siklus pertama sebanyak 19 orang (59%) dan yang belum memenuhi KKM sebanyak 13 orang (41%). Pada siklus kedua semua peserta didik telah memiliki nilai pengetahuan dan keterampilan mencapai KKM (100%).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 01:37 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 01:37 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12316 |
Actions (login required)
View Item |