PRATIWI, INDA NUR (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE UNTUK MENGEKSPLOR PEMAHAMAN MATEMATIS. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (86kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAAN .pdf Download (70kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN .pdf Download (59kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (378kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (346kB) |
|
Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf Download (233kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (297kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (296kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (484kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (240kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
LEMBAR PERBAIKAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
|
Text
PERSETUJUAN PERBAIKAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar interaktif dengan menggunakan Lectora Inspire untuk mengeksplor kemampuan pemahaman matematis dan mendeskripsikan kualitas keefektifan bahan ajar interaktif dengan menggunakan Lectora Inspire untuk mengeksplor kemampuan pemahaman matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan ADDIE yang melalui beberapa tahapan yaitu Analyze, Design, Develop, Implementation, dan Evaluation. Pada tahap analisis kegiatan yang dilakukan adalah menganalisis kebutuhan yaitu analisis materi pelajaran dan analisis media pembelajaran, pemberian angket dan wawancara. Pada tahap Desain membuat flowchart dan storyboard. Pada tahap development kegiatan yang dilakukan adalah menghasilkan produk dan melakukan validasi kepada 2 ahli media dan 2 ahli materi, berdasarkan hasil validasi dari para ahli menyatakan bahwa bahan ajar interaktif ini “valid”. Untuk angket respon pengguna skala kecil yang diberikan kepada 8 peserta didik kelas IX-B dan 2 guru matematika dengan hasil respon interpretasinya masuk kategori “sangat baik”. Kemudian tahap penerapan diberikan kepada 30 peserta didik kelas IX-A, peneliti melakukan pre test dan post test dengan kemampuan pemahaman matematis. Selain itu, berdasarkan hasil perhitungan effect size, kualitas efektivitas bahan ajar interaktif melalui aplikasi Lectora Inspire pada materi persamaan kuadrat untuk mengeksplor kemampuan pemahaman matematis diperoleh nilai effect size 1,50 yang berada pada “Strong Effect”, sehingga bahan ajar interaktif melalui aplikasi Lectora Inspire pada materi persamaan kuadrat untuk mengeksplor kemampuan pemahaman matematis sangat efektif dan dapat digunakan menjadi sumber belajar baru yang layak bagi peserta didik. Kata kunci: Bahan Ajar Interaktif, Lectora Inspire, Kemampuan Pemahaman Matematis
Item Type: | Thesis (Pascasarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 29 Feb 2024 01:46 |
Last Modified: | 29 Feb 2024 01:46 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12206 |
Actions (login required)
View Item |