HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN MINAT BELAJAR WARGA BELAJAR PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C (Studi di PKBM Cerdik cabang Pesantren Miftahul Anwar Kota Tasikmalaya)

ARDIYANTI, LUSY (2023) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN MINAT BELAJAR WARGA BELAJAR PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C (Studi di PKBM Cerdik cabang Pesantren Miftahul Anwar Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (27kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (233kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (220kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (216kB)
[img] Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (405kB)
[img] Text
6. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (411kB)
[img] Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (182kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (303kB)
[img] Text
9. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (282kB)
[img] Text
10. BAB 1.pdf

Download (323kB)
[img] Text
11. BAB 2.pdf

Download (606kB)
[img] Text
12. BAB 3.pdf

Download (458kB)
[img] Text
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] Text
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Banyak yang berpendapat bahwa cara meraih minat belajar yang tinggi pada pembelajaran, seorang warga belajar harus memiliki IQ yang tinggi. Baik EQ maupun IQ dibutuhkan dalam diri warga belajar. Pembelajaran tidak hanya mengembangkan Rational Intelligence, tetapi harus mengembangkan Emotional Intelligence. Didalam diri warga belajar harus tertanam minat pada pembelajaran jika minat belajar rendah harus dilakukan peningkatan dalam hal motivasi belajar, ketertarikan pada pembelajaran, perhatian dalam pembelajaran, dan pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan minat belajar warga belajar program pendidikan kesetaraan paket c. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif pendidikan korelasional menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 45 warga belajar PKBM Cerdik. Dari hasil penelitian menggunakan uji korelasi pearson product moment diketahui hasilnya sebesar 0,608, lalu dilanjutkan melihat r-tabel, pada distribusi nilai r�tabel dengan perhitungan DF= N-2= 45-2= 43, pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,301 yang berarti r-tabel 0,608 ≥ 0,301. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kedua variabel berkorelasi yang berarti H1 diterima sedangkan H0 ditolak dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara variabel kecerdasan emosional dengan minat belajar. Kata Kunci: Kecerdasan, Emosional, Minat Belajar, Warga Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 06 Feb 2024 07:28
Last Modified: 06 Feb 2024 07:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12057

Actions (login required)

View Item View Item