ARDIYANTI, LUSY (2023) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN MINAT BELAJAR WARGA BELAJAR PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C (Studi di PKBM Cerdik cabang Pesantren Miftahul Anwar Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (27kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (233kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (220kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (216kB) |
|
Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (405kB) |
|
Text
6. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (411kB) |
|
Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (182kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (303kB) |
|
Text
9. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (282kB) |
|
Text
10. BAB 1.pdf Download (323kB) |
|
Text
11. BAB 2.pdf Download (606kB) |
|
Text
12. BAB 3.pdf Download (458kB) |
|
Text
13. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (564kB) |
|
Text
14. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (314kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Banyak yang berpendapat bahwa cara meraih minat belajar yang tinggi pada pembelajaran, seorang warga belajar harus memiliki IQ yang tinggi. Baik EQ maupun IQ dibutuhkan dalam diri warga belajar. Pembelajaran tidak hanya mengembangkan Rational Intelligence, tetapi harus mengembangkan Emotional Intelligence. Didalam diri warga belajar harus tertanam minat pada pembelajaran jika minat belajar rendah harus dilakukan peningkatan dalam hal motivasi belajar, ketertarikan pada pembelajaran, perhatian dalam pembelajaran, dan pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan minat belajar warga belajar program pendidikan kesetaraan paket c. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif pendidikan korelasional menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 45 warga belajar PKBM Cerdik. Dari hasil penelitian menggunakan uji korelasi pearson product moment diketahui hasilnya sebesar 0,608, lalu dilanjutkan melihat r-tabel, pada distribusi nilai r�tabel dengan perhitungan DF= N-2= 45-2= 43, pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,301 yang berarti r-tabel 0,608 ≥ 0,301. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kedua variabel berkorelasi yang berarti H1 diterima sedangkan H0 ditolak dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara variabel kecerdasan emosional dengan minat belajar. Kata Kunci: Kecerdasan, Emosional, Minat Belajar, Warga Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 06 Feb 2024 07:28 |
Last Modified: | 06 Feb 2024 07:28 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12057 |
Actions (login required)
View Item |