ANALISIS KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA KELAS XII MIPA SMA NEGERI 2 TASIKMALAYA BERDASARKAN POLA MCNEILL DAN KRAJCIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

NABILAH, ZULFA RIFA (2024) ANALISIS KETERAMPILAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA KELAS XII MIPA SMA NEGERI 2 TASIKMALAYA BERDASARKAN POLA MCNEILL DAN KRAJCIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
001 Cover.pdf

Download (48kB)
[img] Text
002 Pengesahan.pdf

Download (389kB)
[img] Text
003 Pernyataan.pdf

Download (691kB)
[img] Text
004 Abstrak.pdf

Download (183kB)
[img] Text
006 Ucapan Terima kasih.pdf

Download (318kB)
[img] Text
005 Kata pengantar.pdf

Download (313kB)
[img] Text
007 Daftar isi, tabel, gambar, lampiran.pdf

Download (245kB)
[img] Text
008 BAB 1.pdf

Download (448kB)
[img] Text
009 BAB 2.pdf

Download (850kB)
[img] Text
010 BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
011 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
012 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
013 Daftar Pustaka.pdf

Download (361kB)
[img] Text
014 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan argumentasi ilmiah siswa berdasarkan Pola McNeill dan Krajcik pada materi perubahan lingkungan. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu 33 siswa kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan mengacu pada model yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil analisis pada masing-masing komponen Claim, Evidence, dan Reasoning (CER), menunjukkan bahwa rata-rata persentase tertinggi untuk komponen claim yaitu sebesar 53% berada pada level 2, untuk komponen evidence yaitu sebesar 57,6% berada pada level 1, dan untuk komponen reasoning yaitu sebesar 65,2% berada pada level 0. Faktor-faktor seperti pengalaman siswa dalam berargumentasi ilmiah, pengetahuan awal siswa terhadap konten materi atau terkait argumentasi ilmiah, preferensi dalam berargumentasi, kesadaran siswa dalam menilai kredibilitas informasi dan sumbernya, serta sistem pembelajaran di kelas diduga kuat berkaitan dengan tingkat argumentasi ilmiah siswa. Kata Kunci: Argumentasi Ilmiah; Komunikasi; Perubahan Lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:35
Last Modified: 06 Feb 2024 03:35
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12038

Actions (login required)

View Item View Item