ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS

ALIFAH, PUJI (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (81kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik ditinjau dari resiliensi matematis tinggi; sedang dan rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 17 Tasikmalaya kelas VIII C. Teknik pengumpulan data meliputi penyebaran angket resiliensi matematis, soal kemampuan pemecahan masalah matematis dan wawancara. Instrumen utama dalam penelitian ini yaitu peneliti sendiri (human instrument) dan instrumen pendukungnya meliputi angket resiliensi matematis dan soal kemampuan pemecahan masalah matematis. Subjek dalam penelitian ini diambil 1 subjek dari masing-masing kategori resiliensi matematis yang dipilih secara purposive. Data hasil penelitian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa subjek penelitian yang memiliki resiliensi matematis tinggi mampu menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis menggunakan empat langkah pemecahan masalah menurut Polya, subjek penelitian yang memiliki resiliensi sedang mampu menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis dua langkah pemecahan masalah menurut Polya dan subjek penelitian yang memiliki resiliensi matematis rendah hanya mampu menggunakan satu langkah pemecahan masalah menurut Polya yaitu memahami masalah. Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematis, langkah pemecahan masalah menurut Polya, resiliensi matematis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 29 Oct 2019 03:33
Last Modified: 29 Oct 2019 03:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1197

Actions (login required)

View Item View Item