ALIFAH, PUJI (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (268kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (81kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (78kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik ditinjau dari resiliensi matematis tinggi; sedang dan rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 17 Tasikmalaya kelas VIII C. Teknik pengumpulan data meliputi penyebaran angket resiliensi matematis, soal kemampuan pemecahan masalah matematis dan wawancara. Instrumen utama dalam penelitian ini yaitu peneliti sendiri (human instrument) dan instrumen pendukungnya meliputi angket resiliensi matematis dan soal kemampuan pemecahan masalah matematis. Subjek dalam penelitian ini diambil 1 subjek dari masing-masing kategori resiliensi matematis yang dipilih secara purposive. Data hasil penelitian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa subjek penelitian yang memiliki resiliensi matematis tinggi mampu menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis menggunakan empat langkah pemecahan masalah menurut Polya, subjek penelitian yang memiliki resiliensi sedang mampu menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis dua langkah pemecahan masalah menurut Polya dan subjek penelitian yang memiliki resiliensi matematis rendah hanya mampu menggunakan satu langkah pemecahan masalah menurut Polya yaitu memahami masalah. Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematis, langkah pemecahan masalah menurut Polya, resiliensi matematis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 29 Oct 2019 03:33 |
Last Modified: | 29 Oct 2019 03:33 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1197 |
Actions (login required)
View Item |