PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION (ARIAS) BERBANTUAN SIMULASI VASCAK.CZ TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI ELASTISITAS BAHAN (Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

LESTARI, WITA PUZI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION (ARIAS) BERBANTUAN SIMULASI VASCAK.CZ TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI ELASTISITAS BAHAN (Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (206kB)
[img] Text
3. Lembar Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf

Download (208kB)
[img] Text
6. Ucapan Terimakasih.pdf

Download (73kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (275kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (263kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (175kB)
[img] Text
8. Bab 1 (15-22).pdf

Download (152kB)
[img] Text
9. Bab 2 (23-40).pdf

Download (533kB)
[img] Text
10. Bab 3 (41-56).pdf

Download (659kB)
[img] Text
11. Bab 4 (57-73).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] Text
12. Bab 5 (74-75).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka (76-79).pdf

Download (145kB)
[img] Text
14. Lampiran (80-227).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
15. Riwayat Hidup (228).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)

Abstract

Pembelajaran Fisika di SMAN 3 Tasikmalaya menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru, dimana pembelajaran lebih memfokuskan kepada perhitungan atau matematisnya saja. Selain itu, kegiatan praktikum hanya dilakukan oleh kelas XII untuk ujian praktek, sehingga pemahaman konsep peserta didik dalam kategori rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS) dengan berbantuan simulasi vascak.cz. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control grup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA 3 Tasikmalaya sebanyak 5 kelas dengan jumlah 178 siswa. Sampel penelitian diambil kelas dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan rincian masing-masing kelas berjumlah 35 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah tes soal pilihan ganda bertingkat dua tingkat atau two tier test pada materi elastisitas bahan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas) dan uji hipotesis (uji t). hasil uji hipotesis menggunakan uji r taraf signifikan (

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 01 Feb 2024 08:07
Last Modified: 01 Feb 2024 08:07
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11949

Actions (login required)

View Item View Item