AGUSTINA, DEVI (2023) BERPIKIR PSEUDO DALAM PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN TAHAP IDEAL DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (83kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (257kB) |
|
Text
3 SURAT KETERANGAN REVISI.pdf Download (322kB) |
|
Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (82kB) |
|
Text
5 ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
|
Text
6 KATA PENGANTAR.pdf Download (125kB) |
|
Text
7 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRA.pdf Download (218kB) |
|
Text
8 BAB 1.pdf Download (122kB) |
|
Text
9 BAB 2.pdf Download (518kB) |
|
Text
10 BAB 3.pdf Download (425kB) |
|
Text
11 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (949kB) |
|
Text
12 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) |
|
Text
15 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
14 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir pseudo dalam pemecahan masalah berdasarkan tahap IDEAL ditinjau dari resiliensi matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Instrumen dalam penelitian ini yaitu soal pemecahan masalah dan angket resiliensi matematis. Subjek dari penelitian ini sebanyak empat orang dari kelas IXA di SMP Al-Ishlah Tasikmalaya yaitu satu orang dari kategori resiliensi tinggi, dua orang kategori sedang, dan satu orang kategori rendah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa berpikir pseudo dalam pemecahan masalah subjek dengan kategori resiliensi tinggi (ST) mengalami berpikir pseudo benar karena jawaban akhir yang diperoleh benar, namun tidak mampu memberikan justifikasi terhadap jawabannya yaitu pada tahap mengkaji kembali (look back). Subjek dengan kategori resiliensi sedang (SS-1) mengalami berpikir pseudo benar karena jawaban akhir yang diperoleh benar, namun tidak mampu memberikan justifikasi terhadap jawabannya yaitu pada tahap menggali strategi (explore the possible strategies). Selanjutnya subjek dengan kategori resiliensi sedang (SS-2) mengalami berpikir pseudo benar karena jawaban akhir yang diperoleh benar, namun tidak mampu memberikan justifikasi terhadap jawabannya yaitu pada tahap melaksanakan strategi (act on the strategies) dan mengkaji kembali (look back). Sedangkan peserta didik dengan kategori resiliensi rendah (SR) mengalami berpikir pseudo salah karena hasil akhir yang diperoleh salah yaitu pada tahap melaksanakan startegi (act on the strategies) tetapi setelah dilakukan refleksi, subjek mampu memperbaiki kesalahannya. Kata kunci: Berpikir Pseudo, Pemecahan Masalah, Resiliensi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 01:53 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 01:53 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11878 |
Actions (login required)
View Item |