Hidayah, Marlina Nur (2023) ANALISIS UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK DALAM ANTOLOGI RUMAH IBU KARYA HARRIS EFFENDI THAHAR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN STRUKTURAL SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS CERPEN DI SMA KELAS XI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Sampul.pdf Download (69kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (169kB) |
|
Text
3. Lembar Pernyataan.pdf Download (229kB) |
|
Text
4. Halaman Persembahan.pdf Download (85kB) |
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (28kB) |
|
Text
6. Kata Pengantar.pdf Download (242kB) |
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (61kB) |
|
Text
8. Daftar Tabel.pdf Download (26kB) |
|
Text
9. Bab I Pendahuluan.pdf Download (115kB) |
|
Text
10. Bab II Landasan Teoretis.pdf Download (295kB) |
|
Text
11. Bab III Prosedur Penelitian.pdf Download (173kB) |
|
Text
12. Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (448kB) |
|
Text
13. Bab V Simpulan dan Saran.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (36kB) |
|
Text
16. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
|
Text
15. Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
Abstract
Bahan ajar menjadi salah satu hal pokok yang diperlukan oleh guru maupun peserta didik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, sebab bahan ajar merupakan bentuk realistis dan sistematis dari materi yang disampaikan oleh guru kepada peserta didik. Selain itu, di dalam bahan ajar berisikan langkah-langkah pembelajaran yang harus dilakukan oleh peserta didik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Namun pada realitanya, bahan ajar yang menjadi salah satu media dalam proses pembelajaran terkadang memiliki keterbatasan sehingga hal tersebut menjadi sebuah tantangan bagi guru dalam menentukan sumber bahan ajar yang layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, seperti yang terjadi pada pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia materi teks cerita pendek di kelas XI SMA Negeri 1 Jeruklegi, SMA Negeri 2 Cilacap, dan SMA Negeri 3 Cilacap. Dengan adanya permasalahan tersebut mendasari penulis untuk melakukan penelitian mengenai analisis teks cerita pendek pada antologi Rumah Ibu karya Harris Effendi Thahar sehingga harapannya cerita yang terdapat di dalam antologi tersebut dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar pada materi teks cerita pendek kelas XI di SMA. Dalam menganalisis dan mempertimbangkan antologi tersebut, penulis melakukan berbagai pertimbangan, baik dari segi kelayakan serta keterkaitannya dengan Kurikulum 2013 maupun pengajaran sastra. Proses validasi data pun dilakukan dengan melibatkan validator yang berasal dari praktisi sastra dan guru sehingga data yang dihasilkan akurat. Penelitian yang penulis lakukan menggunakan metode penelitian deskriptif analitis serta pendekatan struktural sehingga relevan dengan rumusan masalah yang diajukan. Setelah melaksanakan uji validasi data kepada praktisi sastra dan guru serta uji coba bahan ajar kepada peserta didik, hasilnya menunjukkan bahwa keempat sampel data yaitu cerita pendek Anak Panah, Kacamata Emak, Rumah Ibu, dan Sinar Mata Ibu yang terdapat dalam antologi Rumah Ibu secara struktural memiliki kelengkapan unsur-unsur pembangun dan sesuai dengan kriteria bahan ajar Kurikulum 2013 serta pengajaran sastra sehingga dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar bagi guru di SMA kelas XI.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 01:45 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 01:45 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11877 |
Actions (login required)
View Item |