AULINA, MIA NURVI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (85kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
3 SURAT KETERANGAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
5 ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
|
Text
6 KATA PENGANTAR.pdf Download (129kB) |
|
Text
7 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf Download (240kB) |
|
Text
8 BAB 1.pdf Download (148kB) |
|
Text
9 BAB 2.pdf Download (397kB) |
|
Text
10 BAB 3.pdf Download (95kB) |
|
Text
11 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
12 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
|
Text
14 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
15 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir aljabar siswa dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Pada penelitian ini juga menggunakan pendekatan think aloud dalam mengamati, mendefinisikan, dan mengukur isi pikiran siswa ketika mereka menyelesaikan soal tes kemampuan berpikir aljabar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir aljabar dan wawancara. Subjek penelitian ini diambil dari siswa kelas XI-3 SMA Negeri 1 Tasikmalaya dengan kriteria mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir aljabar dan komunikatif dalam memberikan informasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa S15 mampu merepresentasikan bentuk umum yang telah ditemukan kedalam bentuk aljabar, mampu membuat model matematika dalam bentuk persamaan, mampu menyelesaikan masalah dengan persamaan untuk menentukan nilai yang belum diketahui, mampu menyusun informasi yang diperoleh dengan membuat gambar yang dapat menggambarkan situasi masalah, mampu membuat sistem persamaan linear tiga variabel dari mengidentifikasi hubungan antar objek, dan mampu melakukan aktivitas memanipulasi dari nilai yang diketahui untuk memperoleh nilai berikutnya yang belum diketahui dengan strategi atau cara yang diketahuinya. S14 ada kekeliruan pada hasil jawabannya dalam membuat sistem persamaan linear tiga variabel dari mengidentifikasi hubungan antar objek. S09 ada kekeliruan pada saat membuat persamaan pertama pada hasil jawabannya sehingga pada saat menentukan nilai yang belum diketahui jawabannya pun kurang tepat. Kata kunci: analisis, kemampuan berpikir aljabar, SPLTV, HOTS
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 07:43 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 07:43 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11869 |
Actions (login required)
View Item |