Zahara, Hanifah (2023) PENERAPAN MODEL TEAM, GAMES, DAN TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR�UNSUR TEKS PUISI KELAS VIII SMP NEGERI 9 KOTA TASIKMALAYA (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (211kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (52kB) |
|
Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (52kB) |
|
Text
4 ABSTARK.pdf Download (190kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR.pdf Download (194kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf Download (517kB) |
|
Text
7 BAB 1.pdf Download (345kB) |
|
Text
8 BAB 2.pdf Download (495kB) |
|
Text
9 BAB 3.pdf Download (369kB) |
|
Text
10 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (992kB) |
|
Text
11 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
|
Text
14 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
13 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
Abstract
Menganalisis unsur-unsur teks puisi merupakan bagian dari kompetensi dasar dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang harus dikuasai oleh peserta didik di bangku sekolah menengah pertama kelas VIII. Menganalisis unsur-unsur teks puisi terdapat dalam kompetensi dasar 3.8. Hal tersebut sudah termaktub dalam kurikulum yang berlaku. Model pembelajaran yang disarankan dalam kurikulum 2013 revisi adalah model pembelajaran kooperatif, salah satunya yaitu team, games, dan tournament. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran team, games, dan tournament meningkatkan kemampuan belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023 dalam kemampuan menulis teks puisi dengan menggunakan pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Tasikmalaya, khususnya kelas VIII G SMP Negeri 9 Kota Tasikmalaya dengan jumlah 31 orang. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui pada siklus kesatu masih terdapat peserta didik yang belum mampu mencapai KKM sebanyak 74% atau 23 orang. Sedangkan, peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 26% atau 8 orang. Sedangkan pada siklus kedua seluruh peserta didik sudah mencapai KKM. Selain itu, berdasarkan uji Wilcoxon, Whitung < Wtabel. Artinya pada siklus kesatu dan kedua terdapat perbedaan yang signifikan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 07:48 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 07:48 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11824 |
Actions (login required)
View Item |