Hidayah, Nabila Nurfitria (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN GAGASAN KREATIF DALAM BENTUK TEKS CERITA FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 17 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (32kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (344kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (210kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (93kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (46kB) |
|
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (28kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (35kB) |
|
Text
9. DAFTAR GRAFIK.pdf Download (31kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (85kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (150kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (273kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (239kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (727kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (61kB) |
|
Text
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
17. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
Abstract
Menelaah struktur dan kebahasaaan teks fantasi dan menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita fantasi merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VII SMP Negeri 17 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Namun, ternyata masih banyak yang belum mencapai KD 3.4 serta KD 4.4 dengan nilai KKM yang telah diterapkan sekolah yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Think Pair and Share meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 17 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Penulis menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan pendakatan kuantitatif dan kualitatif dengan proses pembelajaran secara langsung oleh penulis pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 17 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023 dengan tujuan untuk memperbaiki hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dari siklus kesatu ke siklus kedua, baik dalam proses maupun dalam hasil pembelajaran. Hasil pembelajaran pada siklus kesatu KD 3.4 menelaah struktur dan kebahasaan teks fantasi terdapat 9 orang (23%) peserta didik yang mencapai KKM sedangkan 21 orang (77%) belum mencapai KKM. Pada KD 4.4 menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita fantasi terdapat 11 orang (27%) peserta didik yang mencapai KKM sedangkan yang belum mencapai KKM 19 orang (73%). Pada siklus kedua aspek pengetahuan dan keterampilan semua peserta didik, sebanyak 30 orang (100%) mencapai KKM. Hasil uji normalitas data nilai menelaah struktur dan kebahasaan teks fantasi serta menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita fantasi siklus I dan siklus II data berdistribusi tidak normal, sehingga penulis melakukan Uji Wilcoxon atau uji W yang hasilnya W hitung (0) < W tabel (0,01). Uji w menunjukan hasil belajar pada siklus kedua sebagai tindak lanjut dari siklus kesatu kemampuan hasil belajar peserta didik ada perubahan dan peningkatan hasil belajar. Berdasarkan hasil pembahasaan menjelaskan bahwa hipotesis tindakan penelitian model pembelajaran Think Pair and Share dapat meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan teks fantasi serta menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita fantasi pada peserta didik kelas VII I SMP Negeri 17 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 06:17 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 06:17 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11794 |
Actions (login required)
View Item |