PORTUNA, AJENG (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA MENGGUNAKAN EDPUZZLE PADA MATERI BILANGAN BERPANGKAT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (36kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (183kB) |
|
Text
3. SURAT KETERANGAN PENGUJI.pdf Download (219kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN.pdf Download (166kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (6kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (77kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (65kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (93kB) |
|
Text
9. BAB II.pdf Download (314kB) |
|
Text
10. BAB III.pdf Download (258kB) |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (83kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif matematika menggunakan Edpuzzle pada materi bilangan berpangkat dan mengetahui kelayakan media pembelajaran. Metode yang digunakan yaitu metode Research & Development (R&D) dengan model Assessment/Analysis, Design, Development, Implementation & Evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuesioner. Instrumen penelitian menggunakan lembar kisi-kisi wawancara studi pendahuluan dan kuesioner penilaian kualitas media pembelajaran. Data penelitian ini bersumber dari dua ahli media, dua ahli materi, dan peserta didik kelas IX SMP Negeri 9 Tasikmalaya. Penelitian ini menghasilkan sebuah video pembelajaran dalam bentuk Edpuzzle dengan bantuan linktree. Produk dinilai dari kelayakan penggunaan media yang diukur berdasarkan kualitas teknis, kualitas isi dan tujuan, dan kualitas instruksional. Pada penilaian teknis, ahli media menyatakan media pembelajaran masuk pada kategori sangat layak, sedangkan pada penilaian kualitas isi dan tujuan, ahli materi menyatakan media pembelajaran masuk pada kategori sangat layak, berdasarkan kuesioner penilaian kualitas instruksional pada uji coba kepada peserta didik, media pembelajaran dinyatakan masuk pada kategori sangat layak, dan berdasarkaan penilaian respon peserta didik dinyatakan masuk pada kategori layak sehingga media pembelajaran dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan media pembelajaran, media pembelajaran interaktif matematika, Edpuzzle, Linktree.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 01:11 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 01:11 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11773 |
Actions (login required)
View Item |