Marselina, Cyndie (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN DAN MENGONSTRUKSI TEKS CERITA PENDEK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Ciawi Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (34kB) |
|
Text
2. PENGESHAN.pdf Download (238kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (233kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (58kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (93kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (42kB) |
|
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (29kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (84kB) |
|
Text
9. DAFTAR GRAFIK.pdf Download (29kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (28kB) |
|
Text
11. BAB 1.pdf Download (145kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (301kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (140kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (653kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (33kB) |
|
Text
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
17. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
Abstract
Menganalisis unsur pembangun dan mengonstruksi teks cerita pendek merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas XI berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Kenyataanya, peserta didik kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Ciawi tahun ajaran 2022/2023 masih banyak yang belum memenuhi KKM. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Problem Based Learning meningkatkan kemampuan menganalisis unsur pembangun dan Mengonstruksi teks cerita pendek pada peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 1 Ciawi tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, teknik pengumpulan dan pengolahan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan tes. Hasil pengolahan data diketahui bahwa pada siklus kesatu menganalisis unsur pembangun cerita pendek terdapat peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM yaitu sebanyak 23 orang (60%) dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM yaitu sebanyak 12 orang (40%). Pada pembelajaran Mengonstruksi teks cerita pendek terdapat peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM yaitu sebanyak 19 orang (54%) dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM yaitu sebanyak 16 orang (46%). Pada siklus kedua hasil belajar peserta didik meningkat karena semua peserta didik telah mencapai KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Hasil uji normalitas data nilai menganalisis unsur-unsur pembangun teks cerita pendek dan mengontruksi cerita pendek pada siklus kesatu bahwa data berdistribusi tidak normal dan pada siklus kedua data berdistribusi normal sehingga untuk menghitung uji beda digunakan uji Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 07:14 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 07:14 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11762 |
Actions (login required)
View Item |