PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN DAN MENGONSTRUKSI TEKS CERITA PENDEK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Ciawi Tahun Ajaran 2022/2023)

Marselina, Cyndie (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN DAN MENGONSTRUKSI TEKS CERITA PENDEK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Ciawi Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (34kB)
[img] Text
2. PENGESHAN.pdf

Download (238kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (233kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (58kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (93kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (42kB)
[img] Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (29kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (84kB)
[img] Text
9. DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (29kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (28kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (145kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (301kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (140kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
17. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)

Abstract

Menganalisis unsur pembangun dan mengonstruksi teks cerita pendek merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas XI berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Kenyataanya, peserta didik kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Ciawi tahun ajaran 2022/2023 masih banyak yang belum memenuhi KKM. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Problem Based Learning meningkatkan kemampuan menganalisis unsur pembangun dan Mengonstruksi teks cerita pendek pada peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 1 Ciawi tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, teknik pengumpulan dan pengolahan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan tes. Hasil pengolahan data diketahui bahwa pada siklus kesatu menganalisis unsur pembangun cerita pendek terdapat peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM yaitu sebanyak 23 orang (60%) dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM yaitu sebanyak 12 orang (40%). Pada pembelajaran Mengonstruksi teks cerita pendek terdapat peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM yaitu sebanyak 19 orang (54%) dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM yaitu sebanyak 16 orang (46%). Pada siklus kedua hasil belajar peserta didik meningkat karena semua peserta didik telah mencapai KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Hasil uji normalitas data nilai menganalisis unsur-unsur pembangun teks cerita pendek dan mengontruksi cerita pendek pada siklus kesatu bahwa data berdistribusi tidak normal dan pada siklus kedua data berdistribusi normal sehingga untuk menghitung uji beda digunakan uji Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:14
Last Modified: 25 Jan 2024 07:14
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11762

Actions (login required)

View Item View Item