ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK BERDASARKAN NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PEMECAHAN MASALAH

SILVIA, SINTA (2020) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK BERDASARKAN NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PEMECAHAN MASALAH. Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
TESIS FINAL SINTA SILVIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Artikel Tesis untuk ke simak.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pemecahan masalah berdasarkan Newman dan menganalisis penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksplorasi. Subjek yang diambil adalah 3 peserta didik yang melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes yaitu berbentuk uraian dan wawancara dengan menggunakan teknik think aloud. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal cerita pemecahan masalah matematik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa peserta didik melakukan kesalahan pada tahap memahami masalah, penyebabnya yaitu kurangnya kemampuan dalam memahami masalah yang pertama kali ditemui, terbiasa langsung perhitungan, mengabaikan menuliskan unsur-unsur yang diketahui dan ditanyakan dalam soal. Peserta didik melakukan kesalahan pada tahap transformasi, penyebabnya yaitu kurangnya pemahaman mengenai model matematika, tidak terbiasa membuat model matematika dari kalimat yang berhubungan dengan kehdiupan sehari-hari, tidak teliti dalam membuat persamaan, bingung untuk membuat pemisalan ke dalam bentuk variabel, kurang memahami soal. Peserta didik melakukan kesalahan pada tahap keterampilan proses, penyebabnya yaitu tidak tahu langkah-langkah untuk menyelesaikan soal, tidak mampu menggunakan langkah-langkah penyelesaian dengan tepat, kurangnya pemahaman mengenai materi sehingga tidak mengetahui metode untuk menyelesaikan soal, kurangnya latihan dalam menyelesaikan soal cerita, tidak memahami soal sehingga tidak mengetahui metode apa yang harus digunakan. Peserta didik melakukan kesalahan pada tahap penarikan kesimpulan, penyebabnya yaitu peserta didik tergesa-gesa ingin mengumpulkan jawaban, kurang teliti, tidak menemukan hasil akhir, kesimpulan akhir tidak sesuai karena peserta didik melakukan kesalahan pada langkah sebelumnya, tidak mampu menunjukan jawaban akhir dari penyelesaian soal, dan tidak mampu menuliskan jawaban akhir sesui dengan kesimpulan yang dimaksud dalam soal. Kata Kunci: Kesalahan Peserta Didik, Pemecahan Masalah, Analisis Kesalahan Newman

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 24 Jan 2024 07:28
Last Modified: 24 Jan 2024 07:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11713

Actions (login required)

View Item View Item