ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT(AQ)

MUTIA, PIPIH SRIE (2020) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT(AQ). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI PIPIH SRIE MUTIA 142151040 FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan cara pengambilan subjek menggunakan eksplorasi. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket Adversity Response Profile (ARP) dan wawancara. Instrumen yang digunakan soal kemampuan pemecahan masalah matematis, angket ARP dan pedoman wawancara. Pengambilan subjek dilakukan dengan pertimbangan subjek yang mampu menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis pada setiap langkah pemecahan masalah IDEAL yaitu identifikasi masalah, mendefinisikan tujuan, menggali strategi, melaksanakan strategi, dan memeriksa kembali serta yang dapat memberikan informasi yang lengkap dan jelas sehingga data menjadi jenuh. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi (pengecekan) data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan AQ kategori climbers (S31CI) dan subjek dengan AQ kategori campers (S27Ca) sama-sama mengidentifkasi hal-hal yang diketahui pada soal dengan baik (langkah Identify Problem), memberikan hal yang ditanyakan dalam soal dengan tepat (langkah define goal), kedua subjek juga memberikan strategi penyelesaian masalah untuk menyelesaikan soal (langkah explore possible strategies), namun terdapat perbedaan antara keduanya, subjek S27Ca hanya mampu menyebutkan satu strategi penyelesaian sedangkan S31C1 mampu menyebutkan dua strategi penyelesaian. Selain itu, subjek S27Ca dan S31C1 sama-sama menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan strategi yang telah ditentukan dengan menghasilkan jawaban yang benar (langkah outcomes and act), namun pada saat melakukan pengecekan kembali jawaban, subjek S27Ca melakukan pengecekan jawaban dengan menggunakan strategi yang sama dengan sebelumnya sedangkan subjek S31C1 mampu melakukan pengecekan dengan strategi yang berbeda dengan sebelumnya. Pada penelitian ini tidak diperoleh subjek dengan kategori quitters yang memenuhii kelima langkah pemecahan masalah IDEAL. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Adversity Quotient (AQ), Pemecahan Masalah IDEAL

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 24 Jan 2024 06:53
Last Modified: 24 Jan 2024 06:53
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11707

Actions (login required)

View Item View Item