PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 20 Tasikmalaya)

HERMAWATI, WAWAT (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 20 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI WAWAT HERMAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematik peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) serta kesulitan yang paling banyak dihadapi peserta didik pada kemampuan komunikasi matematik. Penelitian menggunakan metode eksperimen (experimental research). Populasi pada penelitian ini seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 20 Tasikmalaya pada tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 8 kelas. Sampel diambil secara acak menurut kelas, kelas yang terpilih sampel yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 orang peserta didik dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes kemampuan komunikasi matematik, dengan memberikan pretes dan postes. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan komunikasi matematik peserta didik yang berbentuk uraian. Teknik pengolahan data yang digunakan dengan melihat gain ternormalisasi. Teknik analisis data untuk penelitian ini dengan menggunakan statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, uji hipotesis penelitian dan analisis skor untuk mengetahui kesulitan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematik peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan kesulitan yang paling banyak dihadapi peserta didik pada indikator kemampuan komunikasi matematik terletak pada indikator membuat konjektur dan menyusun argumen. Kata kunci: Komunikasi Matematik, Auditory Intellectually Repetition, Pendekatan Scientific, dan Kesulitan Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 24 Jan 2024 06:44
Last Modified: 24 Jan 2024 06:44
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11706

Actions (login required)

View Item View Item