AMALIA, HILMA (2020) TEACHING WRITING TO JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS: A FOCUS ON CHALLENGES AND SOLUTIONS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER - ENCLOSURES LIST.pdf Download (613kB) |
|
Text
CHAPTER 1.pdf Download (119kB) |
|
Text
CHAPTER 2.pdf Download (120kB) |
|
Text
CHAPTER 3.pdf Download (136kB) |
|
Text
CHAPTER 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
|
Text
CHAPTER 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
|
Text
REFERENCES - BIOGRAPHY.pdf Restricted to Repository staff only Download (797kB) |
Abstract
Mengajar menulis di sekolah menengah pertama (SMP) menjadi sebuah tantangan bagi guru, terutama di kelas bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Menulis merupakan kemampuan bahasa Inggris yang cukup kompleks, karena dibutuhkan aspek kompetensi meliputi tata tulis, kosa kata, konten, organinasi dan mekanisme tulisan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tantangan dan solusi mengajar menulis bahasa Inggris untuk siswa sekolah menengah pertama (SMP). Penelitian ini menggunakan teknik wawancara kepada tiga partisipan di salah satu sekolah menengah pertama di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Data di analisis dengan menggunakan analisis tematik. Temuan hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tujuh tantangan yang dihadapi guru saat mengajar menulis bahas Inggris yaitu: (1) peserta didik kekurangan dalam kompetensi tata bahasa Inggris, (2) ketidakmampuan dalam mengembangkan ide untuk menulis bahasa Inggris, (3) kurangnya pengetahuan kosa kata bahasa Inggris, (4) kurangnya motivasi peserta didik untuk belajar menulis bahasa Inggris, (5) keterbatasan mengatur waktu guru untuk mengajar menulis bahasa Inggris, (6) terbatasnya sumber materi belajar menulis bahasa Inggris, dan (7) terbatasnya fasilitas untuk mengajar menulis bahasa Inggris. Di samping itu, temuan penelitian ini juga mengidentifikasi solusi untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut, diantaranya: (1) pengajaran kosa kata yang eksplisit, (2) aktivitas belajar bahasa Inggris secara kolaboratif dan (3) latihan menulis bahasa Inggris. Dengan mengetahui tantangan dan solusi tersebut, guru dapat menyelesaikan tantangan dalam proses mengajar menulis bahasa Inggris di sekolah menengah pertama secara lebih efektif. Kata kunci: Pengajaran menulis bahasa Inggris, siswa sekolah menengah pertama, tantangan dan solusi mengajar bahasa Inggris.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 06:16 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 06:16 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11699 |
Actions (login required)
View Item |