PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN DAN MAKNA TEKS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DUA TINGGAL DUA TAMU

Sintia, Dede Ii (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN DAN MAKNA TEKS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DUA TINGGAL DUA TAMU. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI DEDE II SINTIA 162121030.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Kurikulum 2013 edisi revisi memuat beberapa kompetensi inti dan kompetensi dasar, salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII SMP/MTs yaitu kompetensi dasar 3.7 Mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca, serta 4.7 Menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran dua tinggal dua tamu meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi pada peserta didik kelas VIII B MTs Raudlatutta’allum Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengamatan, dan (4) tahap refleksi. Berdasarkan hasil pengolahan nilai siklus kesatu, pada aspek pengetahuan 3.7 mengenai mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca terdapat 9 peserta didik (37,5%) yang belum mencapai KKM dan 15 peserta didik (62,5%) telah mencapai KKM. Pada aspek keterampilan 4.7 mengenai menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca terdapat 7 peserta didik (29%) yang belum mencapai KKM dan 17 (79%) peserta didik telah mencapai KKM. Pada siklus kedua, kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi mengalami peningkatan, seluruh peserta didik (100%) telah mencapai KKM yaitu 80. Penulis menyimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya model pembelajaran dua tinggal dua tamu dapat mengingkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi pada peserta didik kelas VIII B MTs Raudlatutta’allum Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/1020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 23 Jan 2024 07:34
Last Modified: 23 Jan 2024 07:34
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11671

Actions (login required)

View Item View Item