INVESTIGATING STUDENTS’ OPINIONS IN LEARNING ENGLISH VOCABULARY THROUGH SONG

Suyatno, Adi (2019) INVESTIGATING STUDENTS’ OPINIONS IN LEARNING ENGLISH VOCABULARY THROUGH SONG. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI ADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pendapat siswa terhadap penggunaan lagu dalam belajar kosa kata. Penelitian ini dilakukan di salah satu sekolah menengah atas di Tasikmalaya. Sekolah ini dipilih karena terdapat silabus untuk belajar lagu. Sehingga, peserta penelitian ini adalah tiga siswa dari salah satu sekolah menengah atas di Tasikmalaya. Siswa yang menjadi peserta adalah siswa kelas dua belas yang pernah belajar lagu dalam pelajaran bahasa Inggris. Data diperoleh dengan wawancara. Data dianalisis dengan analisis tematik untuk menemukan tema yang terkait dengan pendapat siswa terhadap penggunaan lagu dalam belajar kosa kata. Ditemukan dua tema yang menjadi temuan penelitian ini. 1) Lagu dapat meningkatkan Pengetahuan Kosakata, dan 2) Lagu dapat membina keterlibatan perilaku siswa dalam mempelajari kosakata. Dari hasil penelitian ini, diharapkan guru bahasa Inggris yang ingin mengajar kosa kata dapat menggunakan lagu untuk membuat siswa terlibat dalam proses pembelajaran dan meningkatkan pembendaharaan kosa kata mereka. Namun, guru harus memahami penggunaan pengajaran kosa kata melalui lagu dengan baik untuk membangun pengetahuan kosa kata siswa meningkat. Selain itu, disarankan Untuk para peneliti di masa depan yang tertarik untuk menyelidiki pendapat siswa tentang penggunaan lagu dalam belajar kosa kata, disarankan untuk mengambil penelitian lebih dalam untuk menyelidiki proses tentang bagaimana siswa belajar kosa kata melalui lagu. Hal ini dapat lebih diperdalam dengan menambahkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi non-partisipan. Kata kunci: Opini Siswa, Lagu, Belajar Kosakata

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 23 Jan 2024 07:24
Last Modified: 23 Jan 2024 07:24
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11669

Actions (login required)

View Item View Item