TEACHER’S FACIAL EXPRESSION IN ELT CLASSROOM ACTIVITY: A SYSTEMIC FUNCTIONAL MULTIMODAL DISCOURSE ANALYSIS APPROACH

NAZILAH, AGITSNI HIKMATUN (2020) TEACHER’S FACIAL EXPRESSION IN ELT CLASSROOM ACTIVITY: A SYSTEMIC FUNCTIONAL MULTIMODAL DISCOURSE ANALYSIS APPROACH. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER-ENCLOSURE LIST.pdf

Download (643kB)
[img] Text
CHAPTER 1.pdf

Download (99kB)
[img] Text
CHAPTER 2.pdf

Download (396kB)
[img] Text
CHAPTER 3.pdf

Download (144kB)
[img] Text
CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)
[img] Text
CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
REFERENCES-BIOGRAPHY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ekpresi wajah Guru sebagai aspek nonverbal merupakan aspek utama dalam mendukung dan menciptakan komunikasi kelas yang sesuai dan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi representasi ekpresi wajah guru dalam aktivitas kelas ELT dari sudut pandang Systemic Functional Multimodal Discourse Analysis (SFMDA) (Lim, 207). Pendekatan SFMDA memberikan hasil analis yang rinci tentang representasi ekpresi wajah dan makna dibaliknya. Penelitian ini mengintegrasikan Qualitative of SFMDA sebagai pendekatan analis data dan metode penelitian. Data dikumpulkan dari hasil observasi non-partisipan. Dalam penelitian ini, ekpresi wajah guru dianalisis menggunakan Facial Action Coding System (FACS) (Ekman & Friesen, 1987) dan Appraisal theory (Martin & White, 2005) untuk mengetahui ekpresi apa saja yang direpresentasikan secara multimodal oleh guru dan makna dibaliknya. Berdasarkan penemuan penelitian ada beberapa ekpresi yang direpresentasikan secara multimodal oleh guru di kelas di antaranya 1) ekpresi bahagia sebagai sumber motivasi dan ekpresi untuk memberikan pujian terhadap siswa, 2) ekpresi terkejut sebagai cara untuk menkonfirmasi pengetahuan siswa, 3) ekpresi serius sebagai reaski terhadap jawaban siswa, 4) ekpresi sedih sebagai strategi pendukung untuk membuat materi tersampaikan dengan jelas, 5) ekpresi marah untuk memperingati siswa berkelakuan buruk, 6) ekpresi jengkel sebagai tanda teguran guru kepada siswa nakal yang sengaja digunakan untuk memberlakukan pedagogi tertentu, untuk merancang strategi mengajar yang unik dan untuk membuat pengalaman belajar yang menarik bagi siswa. Kontribusi penelitian ini adalah memberikan informasi kepada guru untuk menggunakan ekpresi wajah yang tepat dalam aktivitas kelas ELT sebagai sarana untuk membantu guru meningkatkan kualitas proses Pendidikan di kelas Bahasa. Kata kunci: Ekpresi Wajah Guru, ELT Classroom, Multimodal Perspektif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 23 Jan 2024 06:18
Last Modified: 23 Jan 2024 06:18
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11656

Actions (login required)

View Item View Item