PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey pada peserta didik kelas X IPS di SMAN 3 Tasikmalaya)

Suswandi, Alma Ghia Almanazh (2023) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI (Survey pada peserta didik kelas X IPS di SMAN 3 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (31kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (177kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (94kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (82kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (70kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (135kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (53kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN TEORITIS.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB III PROSEDUR PENELITIAN.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini mengenai hasil belajar pada peserta didik, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar dan implikasinya terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis survei dengan desain penelitian survei eksplanatori. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS SMAN 3 Tasikmalaya berjumlah 107 orang. Adapun teknik pengumpulan sampel yang digunakan yaitu Sampel Jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan uji statistik menggunakan analisis jalur atau path analysis. Hasil pengolahan data diperoleh bahwa Hasil Belajar menunjukan kategori tinggi sebesar 6.997, Kecerdasan Emosional menunjukan kategori tinggi sebesar 5.395 dan Motiivasi Belajar menunjukan kategori tinggi sebesar 5.374. Hasil penelitian dengan perhitungan hipotesis secara langsung menunjukkan bahwa :1) Terdapat pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Motivasi Belajar, 2) Terdapat pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar, 3) Tidak terdapat pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar. 4) Hasil perhitungan hipotesis secara tidak langsung menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar melalui Motivasi Belajar Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 18 Jan 2024 07:21
Last Modified: 18 Jan 2024 07:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11559

Actions (login required)

View Item View Item