PENERAPAN DISCOVERY LEARNING (DL) BERBANTUAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE LEARNING SYSTEM (AILS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di kelas X MIPA SMA Negeri 2 Ciamis Tahun 2022/2023)

TRIANINGSIH, NURUL ARUM (2023) PENERAPAN DISCOVERY LEARNING (DL) BERBANTUAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE LEARNING SYSTEM (AILS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di kelas X MIPA SMA Negeri 2 Ciamis Tahun 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (49kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (271kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (262kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (219kB)
[img] Text
4.ABSTRAK.pdf

Download (108kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (216kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (107kB)
[img] Text
9.DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (118kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (105kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (235kB)
[img] Text
12.BAB II.pdf

Download (627kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
15.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB)
[img] Text
17.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
18.RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery learning berbantuan Artificial Intelligence Learning System (AILS) terhadap hasil belajar kognitif peserta didik dalam pembelajaran biologi di kelas X MIPA SMAN 2 Ciamis tahun ajaran 2022/2023. Artificial Intelligence Learning System (AILS) yang digunakan dalam penelitian ini yaitu perplexity. Metode penelitian menggunakan quasi experimental dengan desain penelitian the mattcing posttest�only control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA SMAN 2 Ciamis sebanyak 7 kelas dengan peserta didik 222 orang. Teknik sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan sampel yang digunakan kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 5 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 62 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini untuk mengukur hasil belajar peserta didik dengan tes pilihan majemuk sebanyak 30 soal yang mengacu ke dalam dimensi kognitif C1, C2, C3, C4, dan C5. Teknik uji hipotesis yang digunakan yaitu uji independent simple t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari model Discoevry Learning berbantuan AILS terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi ekosistem yang diperoleh dari uji independent simple t-test dengan nilai signifikansi yang tinggi (0,001). Kata Kunci: AILS, Discovery Learning, Hasil Belajar Kognitif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 18 Jan 2024 06:35
Last Modified: 18 Jan 2024 06:35
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11553

Actions (login required)

View Item View Item