UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MERINGKAS ISI TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII C SMP Negeri 1 Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

Indah Cahyani, Dita (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MERINGKAS ISI TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII C SMP Negeri 1 Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER DITA SKRIPSI fix.pdf

Download (18kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR ISI FIXXX.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB 1 MEMAKAI HALAMAN.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB II MEMAKAI HALAMAN.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB III MEMAKAI HALAMAN.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB 4 MEMAKAI HALAMAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB)
[img] Text
BAB 5 MEMAKAI HALAMAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (34kB)

Abstract

Dalam permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 dalam Kurikulum 2013 revisi satu kompetensi dasar dari kompetensi inti yang harus dikuasai peseta didik kelas VIII adalah KD 3.9 Mengidentifikasi informasi dari teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang diperdengarkan atau dibaca dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara tertulis dan KD 4.9 Meringkas isi teks eksplanasi berupa paparan terjadinya suatu fenomena dari beragam sumber yang didengar dan dibaca. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui kefektifan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi teks eksplanasi dan meringkas isi teks eksplanasi pada kelas VIII SMP Negeri 1 Sukaraja tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sukaraja tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil pengolahan data, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat terbukti kebenarannya dengan melihat hasil belajar peserta didik pada setiap siklus. Pada siklus kesatu dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksplanasi sebanyak 22 orang (69%) yang belum mencapai KKB dan sebanyak 10 orang (31%) yang mencapai KKB. Pada siklus kedua dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksplanasi hasil belajar peserta didik meningkat karena semua peserta didik 32 orang (100%) telah mencapai KKB. Pada siklus kesatu dalam dalam pembelajaran meringkas isi teks eksplanasi sebanyak 17 orang (53%) yang belum mencapai KKB dan sebanyak 15 orang (47%) yang mencapai KKB. Pada siklus kedua dalam pembelajaran meringkas isi teks eksplanasi hasil belajar peserta didik meningkat karena semua peserta didik 32 orang (100%) telah mencapai KKB. Berdasarkan uji wilcokson diketahui bahwa W(hitung)(0) < W(tabel) 126,25 dalam taraf signifikasi 0,01. Artinya, terdapat peningkatan nilai rata-rata yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dan meringkas isi teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sukaraja tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 01 Apr 2020 04:53
Last Modified: 01 Apr 2020 04:53
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1144

Actions (login required)

View Item View Item