Nurhabibi, Adam (2023) ANALISIS KERUSAKAN JALAN PADA LAPIS PERMUKAAN PERKERASAN LENTUR MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) (Studi kasus: Jalan Raya Cihaur, Majalengka, Jawa Barat). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (218kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (349kB) |
|
Text
3. Lembar Keaslian.pdf Download (381kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (80kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (114kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (195kB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (301kB) |
|
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (184kB) |
|
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (93kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (122kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (672kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (413kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (115kB) |
|
Text
Lampiran 1 SKTA.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) |
|
Text
Lampiran 2 Lembar Bimbingan.pdf Restricted to Repository staff only Download (677kB) |
|
Text
Lampiran 5 Revisi TA.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
Abstract
Jalan Raya Cihaur merupakan jalan kolektor yang menghubungkan berbagai kecamatan di kabupaten Majalengka. Namun kondisinya sudah tidak dapat melayani pengguna jalan dengan baik, ditandai dengan berbagai kerusakan yang terjadi pada ruas jalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis kerusakan, tingkat kerusakan, dan jenis perbaikan jalan pada ruas jalan Cihaur, Majalengka di Kabupaten Majalengka. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sasaran penelitian ini adalah ruas Jalan Cihaur, Majalengka tepatnya sepanjang 5 Km. Metode pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Metode analisa PCI merupakan metode yang digunakan untuk mengetahui suatu nilai kondisi pada lapisan permukaan jalan yang besar nilainya ditentukan oleh keadaan lapis permukaan yang diakibatkan oleh kerusakan jalan yang terjadi. Metode analisa PCI ini merupakan metode untuk mengevaluasi kerusakan perkerasan secara visual dengan 3 hal penting yaitu: (1) Penentuan jenis kerusakan dan tingkat keparahan. (2) Penilaian kerusakan. (3) Penentuan kondisi perkerasan. Metode PCI ini dapat digunakan sebagai acuan untuk menentukan perbaikan perkerasan jalan. Hasil penelitian dari penelitian ini adalah: (1) Jenis kerusakan perkerasan jalan yang terjadi adalah Retak Kulit Buaya, amblas, retak pinggir, Jalur/Bahu turun, retak memanjang, tambalan, lubang, sungkur, Retak slip dan pelapukan/butiran lepas. (2) Nilai tingkat kerusakan rata-rata yang terjadi berdasarkan niliai PCI adalah mempunyai 7 tingkatan kerusakan yaitu: Sempurna (86-100) sebesar 14%, Sangat baik (71-85) sebesar 2%, Baik (56-70) sebesar 8%, Sedang (41-55) sebesar 6%, Buruk (26-40) sebesar 22%, Sangat buruk (11-25) sebesar 44%, Gagal (0-10) sebesar 4%. dengan nilai rata-rata PCI pada ruas jalan Cihaur, Majalengka sebesar 27.10 atau tingkat kerusakan buruk. Jenis penanganan kerusakan jalan disesuaikan dengan nilai PCI tiap segmen, untuk nilai < 25 diperbaiki dengan cara direncanakan ulang yaitu sebanyak 21 segmen, nilai 25-50 dilakukan pelapisan tambahan/overlay sebanyak 15 segmen, dan nilai > 50 yaitu sebanyak 6 segmen dilakukan perbaikan rutin/ringan. Kata Kunci : Kerusakan jalan, PCI (Pavement Condition Index), Perawatan, Overlay, Rekontruksi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 08:55 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 08:55 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11433 |
Actions (login required)
View Item |