STUDENTS’ EXPERIENCES TOWARD LEARNING LISTENING COMPREHENSION IN LISTENING CLASS

Rizki Rahmawati, Aulia (2019) STUDENTS’ EXPERIENCES TOWARD LEARNING LISTENING COMPREHENSION IN LISTENING CLASS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER - TABLE LIST.pdf

Download (913kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (337kB)

Abstract

Listening Comprehension mempunyai peran penting dalam pembelajaran Bahasa Inggris, terutama di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris untuk melatih kemampuan mahasiswa dalam menyimak. Penelitian ini melaporkan tentang pengalaman mahasiswa terhadap pembelajaran listening comprehension di kelas listening pada jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang berada di salah satu Universitas di Indonesia sebagai pelajar bahasa asing. Design penelitian dari penelitian ini ialah desriptive case study dengan menggunakan tematik analisis oleh Braun & Clarke (2006). Penelitian ini menghasilkan dua tema utama, yaitu (a) strategies in listening classroom, dan (b) the interaction during learning listening in the classroom. Berdasarkan analisis yang di peroleh, pengalaman mahasiswa terhadap pembelajaran Listening Comprehension yang mereka alami di kelas listening sangat baik. Listening comprehension yang di pelajari mampu mengembangkan kemampuan listening siswa karena mereka mampu memahami apa yang mereka dengar melalui audio maupun video di kelas. Di samping itu, mereka juga merasa berkesempatan untuk tetap berinteraksi satu sama lain dalam menanyakan atau mendiskusikan seputar pelajaran di kelas walau mereka harus fokus untuk listening pada media audio dan video yang mereka gunakan. Kontribusi dari penelitian ini untuk merefleksikan sejauh mana para mahasiswa mampu mempelajari listening comprehension di kelas dengan baik. Selain itu, penelitian ini juga berkontribusi untuk mengetahui bagaimana komunikasi di antara mereka tetap terjalin dengan baik walau aktivitas yang mereka lakukan di kelas hanya listening the audio yang di dukung dengan menonton video di akhir pelajaran. Kata Kunci: Listening Comprehension, Listening Class, Students’ Perceptions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 01 Apr 2020 04:52
Last Modified: 01 Apr 2020 04:52
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1137

Actions (login required)

View Item View Item