Shofa, Ghaitsa Zahira (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI SERTA MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS ULASAN NOVEL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Nurul Iman Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (238kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (163kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (135kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (277kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (238kB) |
|
Text
6. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (287kB) |
|
Text
7. BAB 1.pdf Download (289kB) |
|
Text
8. BAB 2.pdf Download (411kB) |
|
Text
9. BAB 3.pdf Download (374kB) |
|
Text
10. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (772kB) |
|
Text
11. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) |
|
Text
13. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali isi teks ulasan tentang kualitas karya merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Pada kenyataannya masih banyak peserta didik yang belum mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dapat atau tidak model pembelajaran Learning Cycle meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali isi teks ulasan pada peserta didik kelas VIII di SMP Nurul Iman tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan, yaitu teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes. Berdasarkan data yang telah diperoleh dalam kompetensi dasar mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali isi teks ulasan diketahui bahwa model pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan kemampuan belajar peserta didik dalam mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali isi teks ulasan. Hasil uji wilcoxon diketahui bahwa w hitung lebih kecil daripada nilai W tabel dalam tahap signifikasi 0,01 (0<107,3) dan 0,05 (0<137,98) Data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini terbukti dan dapat diterima. Artinya, model pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi informasi dan menceritakan kembali isi teks ulasan pada peserta didik kelas VIII SMP Nurul Iman tahun ajaran 2022/2023
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 15 Dec 2023 03:02 |
Last Modified: | 15 Dec 2023 03:02 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11362 |
Actions (login required)
View Item |