UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN TEKS PUISI DAN MAKNA TEKS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY AND TWO STRAY (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

Gemilang, Yoga (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN TEKS PUISI DAN MAKNA TEKS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY AND TWO STRAY (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (49kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (67kB)
[img] Text
03. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (59kB)
[img] Text
04. ABSTRAK.pdf

Download (166kB)
[img] Text
05. KATA PENGANTAR.pdf

Download (290kB)
[img] Text
06. DAFTAR ISI.pdf

Download (299kB)
[img] Text
07. DAFTAR TABEL.pdf

Download (168kB)
[img] Text
08. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (164kB)
[img] Text
09. DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (164kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (163kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (591kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (480kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (475kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (272kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)

Abstract

Kompetensi dasar mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun teks puisi dan makna teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca merupakan kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII. Agar peserta didik dapat menguasai materi pembelajaran tersebut, guru perlu mengefektifkan proses kegiatan pembelajaran. Untuk mewujudkan pembelajaran yang efektif adalah dengan menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Two Stay and Two Stray meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi, menyimpulkan unsur-unsur pembangun teks puisi dan makna teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian tindakan kelas, teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi dan teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil pembelajaran dari siklus pertama ke siklus kedua. Pada siklus pertama dalam kemampuan mengidentifikasi terdapat 18 orang (60%) yang belum mencapai KKM dan ada 12 orang (40%) yang sudah mencapai KKM dan dalam kemampuan menyimpulkan terdapat 16 orang (53,3%) yang belum mencapai KKM dan ada 14 orang (46,7%) yang sudah mencapai KKM. Pada siklus kedua dalam kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan semua peserta didik (100%) sudah mencapai KKM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Artinya, penggunaan model pembelajaran Two Stay and Two Stray dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun teks puisi dan makna teks puisi pada peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:49
Last Modified: 04 Dec 2023 03:49
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11167

Actions (login required)

View Item View Item