Gemilang, Yoga (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN TEKS PUISI DAN MAKNA TEKS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY AND TWO STRAY (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. COVER.pdf Download (49kB) |
|
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (67kB) |
|
Text
03. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (59kB) |
|
Text
04. ABSTRAK.pdf Download (166kB) |
|
Text
05. KATA PENGANTAR.pdf Download (290kB) |
|
Text
06. DAFTAR ISI.pdf Download (299kB) |
|
Text
07. DAFTAR TABEL.pdf Download (168kB) |
|
Text
08. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (164kB) |
|
Text
09. DAFTAR GRAFIK.pdf Download (164kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (163kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (591kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (480kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (475kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (272kB) |
|
Text
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
Abstract
Kompetensi dasar mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun teks puisi dan makna teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca merupakan kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII. Agar peserta didik dapat menguasai materi pembelajaran tersebut, guru perlu mengefektifkan proses kegiatan pembelajaran. Untuk mewujudkan pembelajaran yang efektif adalah dengan menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Two Stay and Two Stray meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi, menyimpulkan unsur-unsur pembangun teks puisi dan makna teks puisi yang diperdengarkan atau dibaca pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian tindakan kelas, teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi dan teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil pembelajaran dari siklus pertama ke siklus kedua. Pada siklus pertama dalam kemampuan mengidentifikasi terdapat 18 orang (60%) yang belum mencapai KKM dan ada 12 orang (40%) yang sudah mencapai KKM dan dalam kemampuan menyimpulkan terdapat 16 orang (53,3%) yang belum mencapai KKM dan ada 14 orang (46,7%) yang sudah mencapai KKM. Pada siklus kedua dalam kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan semua peserta didik (100%) sudah mencapai KKM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Artinya, penggunaan model pembelajaran Two Stay and Two Stray dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun teks puisi dan makna teks puisi pada peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 04 Dec 2023 03:49 |
Last Modified: | 04 Dec 2023 03:49 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11167 |
Actions (login required)
View Item |