JANAH, AMMIRA NUR (2023) PORTRAYING ‘KAMPUS MENGAJAR’ PROGRAM EXPERIENCES IN REMOTE AREA OF SOUTH KALIMANTAN: AN AUTOBIOGRAPHICAL NARRATIVE INQUIRY. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (140kB) |
|
Text
2. APPROVAL SHEET SKRIPSI.pdf Download (48kB) |
|
Text
2. APPROVAL SHEET.pdf Download (31kB) |
|
Text
3. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (47kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (76kB) |
|
Text
5. PREFACE.pdf Download (69kB) |
|
Text
6. ACKNOWLEDGEMENT.pdf Download (74kB) |
|
Text
7. TABLE OF CONTENT.pdf Download (340kB) |
|
Text
8. CHAPTER 1.pdf Download (83kB) |
|
Text
9. CHAPTER 2.pdf Download (181kB) |
|
Text
10. CHAPTER 3.pdf Download (312kB) |
|
Text
11. CHAPTER 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
12. CHAPTER 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
|
Text
13. REFERENCES.pdf Download (148kB) |
|
Text
14. ENCLOSURES.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
15. BIOGRAPHY.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi pengalaman saya selama berpartisipasi dalam program 'Kampus Mengajar' angkatan 2 di daerah terpencil di Kalimantan Selatan, Indonesia. Metode penelitian menggunakan naratif otobiografi. Partisipan penelitian ini adalah saya sendiri sebagai peserta dari program 'Kampus Mengajar' angkatan 2. Pengumpulan data menggunakan laporan mingguan, catatan harian, dan photovoice. Data dianalisis dengan analisis naratif (Labov, 1972). Temuan penelitian penelitian menunjukkan bahwa program ini terdiri dari tiga tahap. Tahapan tersebut adalah (1) pra-penugasan, (2) penugasan, dan (3) pasca-penugasan. Tahap pra-penugasan dilaksanakan dengan tujuan mempersiapkan peserta sebelum bertugas. Tahapan ini meliputi kegiatan pembekalan, koordinasi awal dengan Dinas Pendidikan setempat, dan pihak sekolah. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan melakukan observasi awal. Karena sekolah yang menjadi sasaran saya terletak di daerah terpencil, saya juga menemukan beberapa masalah, sebagai berikut: (1) rendahnya kemampuan literasi dan numerasi siswa, (2) terbatasnya aspek teknologi, (3) infrastruktur sekolah yang kurang memadai, (4) rendahnya kemampuan manajemen kelas, dan (5) guru yang kurang profesional. Masalah yang ditemukan kemudian dianalisis untuk merencanakan program kerja yang bisa membantu mengatasi permasalan tersebut. Berdasarkan hasil analisis data, peneliti menyimpulkan permasalah dapat diatasi dengan perencanaan dan solusi yang tepat. Selain itu, permasalahan yang saya hadapi mungkin tidak sepenuhnya sama dengan pengalaman di daerah lain. Oleh karena itu, peserta Kampus Mengajar yang akan datang harus bersungguh�sungguh untuk mengikuti pembekalan dan arahan pada masa pra-penugasan. Selain itu, peserta dapat menyesuaikan program dengan potensi lingkungan sekitar. Melakukan observasi dan kolaborasi yang baik dengan tim, dosen pembimbing lapangan, dan juga pihak sekolah pada masa penugasan. Sehingga, keberadaan peserta Kampus Mengajar akan memberikan pengaruh yang nyata dan dapat dikembangkan bahkan setelah pasca-penugasan. Kata Kunci: Program Kampus Mengajar, Daerah Terpencil, Permasalahan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 01 Dec 2023 00:43 |
Last Modified: | 01 Dec 2023 00:43 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11148 |
Actions (login required)
View Item |