IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING ABILITY BY USING ROLE PLAY TECHNIQUE (An Action Research at the Tenth Grade of SMK Manangga Pratama Tasikmalaya)

MAULURI HIDAYAT, DERRY (2014) IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING ABILITY BY USING ROLE PLAY TECHNIQUE (An Action Research at the Tenth Grade of SMK Manangga Pratama Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER & APPROVAL.pdf

Download (106kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (49kB)
[img] Text
4. PREFACE & TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (84kB)
[img] Text
5. CHAPTER I.pdf

Download (83kB)
[img] Text
6. CHAPTER II.pdf

Download (154kB)
[img] Text
7. CHAPTER III.pdf

Download (146kB)
[img] Text
8. CHAPTER IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
9. CHAPTER V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text
10. BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (67kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa dengan menggunakan teknik Role Play. Penelitian dilakukan di SMK Manangga Pratama Tasikmalaya menggunakan metode penelitian tindakan. Data penelitian berupa hasil tes berbicara siswa dan hasil observasi. Sumber data penelitian yaitu seorang guru bahasa Inggris SMK Manangga Pratama Tasikmalaya yang bertindak sebagai peer observer dan 30 siswa kelas X SMK Manangga Pratama Tasikmalaya. Data hasil tes siswa dianalisis menggunakan statistik deskriptif, dengan menyajikan data dalam tabel distribusi frekuensi dan histogram. Selanjutnya, untuk mengetahui persentase siswa yang mencapai KKM (70), digunakan rumus persentase. Data hasil observasi dianalisis menggunakan teknik display. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I, 24 siswa (80%) mencapai KKM, dan 6 siswa (20%) tidak mencapai KKM. Pada siklus II, semua siswa (100%) mencapai KKM. Hasil ini menunjukkan bahwa teknik Role Play dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas X SMK Manangga Pratama Tasikmalaya. Penggunaan teknik ini dapat membantu melatih kelancaran berbicara siswa karena mereka diberikan banyak kesempatan untuk berlatih berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris melalui permainan peran yang dipraktekkan di depan kelas. Berdasarkan hasil observasi, teknik Role Play membuat siswa lebih percaya diri untuk berbicara bahasa Inggris karena mereka dituntut untuk mempraktekkan dialog di depan kelas sebagai latihan berbicara bahasa Inggris, sehingga mereka menjadi lebih terbiasa berbicara bahasa Inggris. Hal ini berarti penggunaan teknik Role Play dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa kelas X SMK Manangga Pratama Tasikmalaya. Dengan kata lain, teknik Role Play tepat digunakan dalam pengajaran berbicara bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 24 Sep 2019 04:25
Last Modified: 24 Sep 2019 04:25
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1106

Actions (login required)

View Item View Item