PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Penelitian di SMA Serba Bakti Suryalaya Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2022/2023)

INNAYATI, INNAYATI (2023) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Penelitian di SMA Serba Bakti Suryalaya Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (36kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (190kB)
[img] Text
3. LEMBAR REVISI.pdf

Download (225kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (177kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (277kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (184kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
9. DAFTAR TABEL.pdf

Download (183kB)
[img] Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (180kB)
[img] Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (182kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (690kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (690kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf

Download (690kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
19. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada prestasi belajar peserta didik SMA Serba Bakti Suryalaya Tahun Ajaran 2022/2023 pada mata pelajaran ekonomi dibawah KKM. Hal ini diduga karena peserta didik memiliki permasalahan khususnya pada lingkungan keluarga dan motivasi belajar. Sehingga penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk megetahui pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar peserta didik terhadap prestasi belajar peserta didik di SMA Serba Bakti Suryal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dimana penelitian ini ingin menggambarkan mengenai pengaruh dari lingkungan keluarga dan motivasi belajar peserta didik terhadap prestasi belajar peserta didik . Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket, dokumentasi dan observasi dengan populasi sebanyak 263 peserta didik jurusan Ilmu-Ilmu Sosial dan terknik pengambilan sampel menggunakan teknik teknik sampling yang digunakan yaitu random sampling /probability sampling dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 72 peserta didik jurusan Ilmu-Ilmu Sosial. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil analisis uji t menunjukan lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik SMA Serba Bakti Suryalaya dengan nila t hitung sebesar 1,361, dan sig sebesar 0,020, motivasi belajar peserta didik berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik SMA Serba Bakti Suryalaya dengan nilai t hitung sebesar 4,700 dan sig sebesar 0,000. Serta nilai uji F menunjukan bahwa lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap secara Bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik di SMA Serba Bakti Suryalaya dengan nilai F hitung sebesar 13,497 dan nilai sig sebesar 0,000. Kata Kunci : Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:04
Last Modified: 02 Nov 2023 02:04
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11008

Actions (login required)

View Item View Item