PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUTAR SEJARAH TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK (Kuasi Eksperimen pada Pembelajaran Sejarah di Kelas XI IPS SMAN 3 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023)

DEWI, DEWI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUTAR SEJARAH TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK (Kuasi Eksperimen pada Pembelajaran Sejarah di Kelas XI IPS SMAN 3 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (108kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (224kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (112kB)
[img] Text
7. MOTTO.pdf

Download (128kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, DAN LAMPIRAN.pdf

Download (198kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (349kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (392kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (843kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media putar sejarah terhadap keaktifan belajar peserta didik di kelas XI IPS 1 SMAN 3 Tasikmalaya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan berupa kurangnya keaktifan belajar peserta didik selama proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Kuasi Eksperimen bentuk Nonequivalent Control Group. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik sampel purposif. Kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen memiliki peserta didik sebanyak 35 orang dan kelas kontrol adalah XI IPS 3 yang memiliki peserta didik sebanyak 36 orang. Adapun data yang dibutuhkan dikumpulkan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan Independent Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelas kontrol memiliki nilai rata-rata pretest sebesar 82.31 dan nilai posttestsebesar 78.70 sedangkan nilai rata-rata pretest di kelas eksperimen sebesar 77.64 dengan nilai posttest sebesar 84.95. Persentase rata-rata keaktifan belajar peserta didik di kelas XI IPS 1 sebelum diberi perlakuan adalah 71.89% (kategori baik) dan berubah menjadi 78.66% (kategori sangat baik) pada posttest atau terdapat peningkatan keaktifan belajar peserta didik sebesar 6.77% setelah perlakukan atau penggunaan media putar sejarah. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.034 < 0.05 Sig. dan rhitung > rtabel sebesar 2.178 > 2.006 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media putar sejarah terhadap keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah Indonesia di kelas XI IPS 1 SMAN 3 Tasikmalaya. Kata Kunci: Media Putar Sejarah, Keaktifan Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 05 Sep 2023 01:43
Last Modified: 05 Sep 2023 01:43
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10910

Actions (login required)

View Item View Item