WAHYUNI, DEPI SITI (2023) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN PENALARAN ILMIAH DENGAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA MATERI HUKUM GERAK NEWTON (Studi Korelasional Peserta Didik XI IPA SMAN 1 Karangnunggal Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (14kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (192kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (415kB) |
|
Text
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (267kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (83kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (114kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (98kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (322kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (385kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan matematis dan pemahaman konsep fisika pada peserta didik untuk memudahkan pembelajaran fisika dengan mencari hubungan antara kemampuan penalaran ilmiah dengan pemahaman konsep fisika pada materi hukum gerak newton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kemampuan penalaran ilmiah dengan pemahaman konsep fisika peserta didik pada materi Hukum Gerak Newton kelas XI IPA SMA Negeri 1 Karangnunggal. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Karangnunggal yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode cluster random sampling sebanyak 5 kelas sampel. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data tes, yaitu tes kemampuan penalaran ilmiah dan pemahaman konsep. Tes kemampuan penalaran ilmiah yang digunakan adalah The Lawson Classroom Test of Scientific Reasoning (LCTSR) sebanyak 15 soal pilihan ganda, dan tes pemahaman konsep hukum gerak newton yang diadaptasi dari Force Concept Inventory (FCI) berjumlah 9 soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Prasyarat Analisis (Uji Normalitas, dan Uji Linearitas), serta Uji Hipotesis (korelasi) menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian pada uji hipotesis menggunakan pearson product moment yang menunjukkan bahwa nilai rhitung > nilai rtabel sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, dengan nilai thitung ≥ ttabel pada taraf signifikansi (α = 0,05) Artinya pada taraf kepercayaan 95% terdapat hubungan signifikan antara kemampuan penalaran ilmiah dengan kemampuan pemahaman konsep. Kemudian diperoleh persamaan regresi (γ ) = 2,36 + 0,37X. Artinya hubungan antara variabel dalam penelitian ini termasuk ke dalam hubungan positif, yaitu hubungan yang apabila kemampuan penalaran ilmiah naik, maka pemahaman konsep pun ikut naik. Kata kunci: Hukum Gerak Newton, Korelasional, Pemahaman Konsep, Penalaran Ilmiah
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 03:59 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 03:59 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10901 |
Actions (login required)
View Item |