AZHAR, LUTFIANI (2023) SIKAP PESERTA DIDIK USIA SEKOLAH SMA MEMILIH PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (27kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (417kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (199kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (355kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (283kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (265kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMAH KASIH.pdf Download (281kB) |
|
Text
8. MOTTO.pdf Download (486kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (166kB) |
|
Text
10. DAFTAR TABEL.pdf Download (162kB) |
|
Text
11. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (161kB) |
|
Text
12. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (162kB) |
|
Text
13. BAB I.pdf Download (401kB) |
|
Text
14. BAB II.pdf Download (438kB) |
|
Text
15. BAB III.pdf Download (316kB) |
|
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) |
|
Text
17. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (276kB) |
|
Text
19. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (752kB) |
Abstract
LUTFIANI AZHAR. 2023. “SIKAP PESERTA DIDIK USIA SEKOLAH SMA MEMILIH PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C” Jurusan Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. PKBM Al-Hidayah memiliki peserta didik yang cukup banyak dan dari latar belakang yang beda-beda yakni mereka adalah santri, orang yang sudah bekerja dan putus sekolah, akan tetapi para peserta didiknya ini masih dalam usia sekolah yang mana usia tersebut sebenarnya masih bisa mendapatkan pendidikan dijalur pendidikan formal yaitu SMA. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui, menggali informasi mengenai alasan atau sikap peserta didik usia sekolah SMA memilih kesetaraan paket C PKBM Al-Hidayah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pada pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Lalu teknik analisis data melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa sikap peserta didik usia sekolah SMA memilih program pedidikan kesetaraan paket C adalah karena mereka menilai pendidikan kesetaraan paket C dari segi kognitf yaitu sebagai penyelesai masalah, afektif yaitu sekolah yang menyenangkan dan konatif yaitu alat mencapai tujuan. Adapun faktor yang mempengaruhi sikap tersebut adalah pengalaman pribadi, izin orang tua, menganggap pendidikan itu penting, media masa yang memberikan informasi tentang kesetaraan paket C sehingga hal tersebut menarik perhatian, pembelajaran yang tidak hanya menitik beratkan pada mata pelajaran umum tetapi juga pada moral, menganggap bahwa pendidikan kesetaraan memiliki kualitas yang sama dengan formal. Simpulan sikap peserta didik usia sekolah SMA lebih memilih program pendidikan kesetaraan paket C terbagi pada 3: sikap kognitif, afektif dan konatif, kesetaraan sebagai penyelesaian masalah, sekolah yang menyenangkan dan alat mencapai tujuan. Kata Kunci: Sikap Peserta Didik, Usia Sekolah SMA, Kesetaraan Paket C.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 04:15 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 04:15 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10711 |
Actions (login required)
View Item |