NABILAH, SARA (2023) PENGARUH INTEGRASI VIDEO INTERAKTIF EDPUZZLE DALAM MOODLE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 Cover.pdf Download (17kB) |
|
Text
2 Pengesahan.pdf Download (93kB) |
|
Text
3 Pernyataan.pdf Download (95kB) |
|
Text
4 Abstrak.pdf Download (103kB) |
|
Text
5 Kata Pengantar.pdf Download (84kB) |
|
Text
6 Halaman Pribadi.pdf Download (6kB) |
|
Text
7 Daftar Isi.pdf Download (188kB) |
|
Text
8 BAB 1.pdf Download (116kB) |
|
Text
9 BAB 2.pdf Download (369kB) |
|
Text
10 BAB 3.pdf Download (522kB) |
|
Text
11 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
|
Text
12 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
13 Daftar Pustaka.pdf Download (170kB) |
|
Text
14 Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Sara Nabilah. 2023. PENGARUH INTEGRASI VIDEO INTERAKTIF EDPUZZLE DALAM MOODLE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI Hasil studi pendahuluan menunjukkan kurangnya penggunaan media pembelajaran di SMA Negeri 1 Manonjaya berdampak pada rendahnya kemampuan kognitif serta motivasi belajar siswa pada materi usaha dan energi. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengintegrasi video interaktif Edpuzzle dalam Moodle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh integrasi video interaktif Edpuzzle dalam Moodle terhadap kemampuan kognitif dan motivasi belajar siswa pada materi usaha dan energi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X IPA SMA Negeri 1 Manonjaya sebanyak 7 kelas dengan jumlah 238 siswa. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak dua sampel kelas, dimana kelas X IPA 2 dan X IPA 7 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk mengukur kemampuan kognitif siswa dilakukan tes pilihan ganda dua tingkat sebanyak 25 butir soal, sedangkan untuk mengukur motivasi belajar siswa diberikan angket motivasi belajar sebanyak 40 butir pernyataan yang diuji sebelum dan setelah diberi perlakuan. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji MANOVA menunjukan bahwa nilai signifikannya 0,00 dimana 0,00 < 0,05 sesuai kriteria bahwa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 00:57 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 00:57 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10697 |
Actions (login required)
View Item |