ANGGRAINI, RISKA (2023) UPAYA PENGASUH DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK ASUH (Studi pada Panti Sosial Asuhan Anak Yayasan Taman Harapan Kelurahan Kahuripan Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (224kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (58kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (47kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN.pdf Download (50kB) |
|
Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (305kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (483kB) |
|
Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (392kB) |
|
Text
9. BAB 1.pdf Download (438kB) |
|
Text
10. BAB 2.pdf Download (506kB) |
|
Text
11. BAB 3.pdf Download (346kB) |
|
Text
12. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) |
|
Text
13. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (442kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian dilakukan sejalan dengan ditemukannya permasalahan terhadap generasi bangsa yang disebabkan karena kurangnya pendidikan serta penanaman nilai-nilai karakter di lingkungan keluarga termasuk panti asuhan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya pengasuh dalam membentuk karakter anak asuh di Panti Sosial Asuhan Anak Yayasan Taman Harapan Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun subjek penelitian ini yaitu ketua panti, pengasuh, serta anak asuh. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya Pengasuh dalam Membentuk Karakter Anak Asuh di Panti Sosial Asuhan Anak Yayasan Taman Harapan Kota Tasikmalaya adalah menciptakan lingkungan yang nyaman bagi anak, melakukan komitmen dengan anak sedari awal untuk mematuhi aturan panti, memulai pembiasaan kepada anak asuh, lalu memberikan dukungan dan motivasi untuk terus belajar dan memperbaiki kesalahan yang telah diperbuat, selanjutnya memberikan nasihat serta contoh yang baik kepada anak asuh dalam bersikap dan berperilaku agar terhindar dari hal yang negatif. Terkait dengan nilai-nilai pendidikan karakter itu sebanyak 18 nilai ini memang diterapkan di panti, tetapi hanya beberapa nilai karakter saja yang ditekankan. Nilai-nilai yag ditekankan di panti ini sendiri meliputi nilai religius, toleransi, mandiri, demokratis, cinta tanah air, cinta damai, dan peduli lingkungan. Kata Kunci: Pengasuh, Karakter, Panti Asuhan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 08:21 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 08:21 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10678 |
Actions (login required)
View Item |