Nurul Karimah, Silviyani (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PRAKTIKUM SISTEM EKSKRESI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 TASIKMALAYA (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 1 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (17kB) |
|
Text
abstrak bahasa indonesia.pdf Download (6kB) |
|
Text
kata pengantar.pdf Download (157kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (105kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (220kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (446kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (930kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (7kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (126kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 1 Tasikmalaya pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2018 sampai Juli 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment, dengan desain penelitian posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1- XI MIPA 6. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas. Penenentuan menggunakan cluster random sampling, dengan hasil kelas XI MIPA-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA-4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes keterampilan proses sains menggunakan lembar observasi dan kemampuan berpikir kritis menggunakan soal uaraian pada materi sistem ekskresi. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji ancova. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning pada praktikum sistem ekskresi terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas XI MIPA SMAN 1 Tasikmalaya. Kata kunci: Kemampuan berpikir kritis, ketarmpilan proses sains, problem based learning, sistem ekskresi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 20 Sep 2019 03:38 |
Last Modified: | 20 Sep 2019 03:38 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1067 |
Actions (login required)
View Item |