Hasan, Muhammad Yula (2023) THE STUDENTS’ ENGLISH LANGUAGE MOTIVATION WITH SEKOLAH PINTAR INDONESIA: A CASE STUDY IN SENIOR HIGH SCHOOL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (176kB) |
|
Text
2. APPROVAL SHEET.pdf Download (240kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (157kB) |
|
Text
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (203kB) |
|
Text
5. PREFACE.pdf Download (128kB) |
|
Text
6. ACKNOWLEDGEMENT.pdf Download (141kB) |
|
Text
7. TABLE OF CONTENTS.pdf Download (170kB) |
|
Text
8. CHAPTER 1 INTRODUCTION.pdf Download (164kB) |
|
Text
9. CHAPTER 2 LITERATURE REVIEW.pdf Download (192kB) |
|
Text
10. CHAPTER 3 RESEARCH PROCEDURES.pdf Download (202kB) |
|
Text
11. CHAPTER 4 FINDINGS AND DISCUSSION.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
|
Text
12. CHAPTER 5 CONCLUSION AND SUGGESTIONS.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
|
Text
13. REFERENCES.pdf Download (193kB) |
Abstract
Kegiatan pembelajaran di sekolah kini sudah terintegrasi dengan teknologi, dan kemajuan teknologi menjadi sarana penting penunjang kegiatan pembelajaran. Beberapa sekolah di Tasikmalaya telah menggunakan beberapa platform Pendidikan bernama Sekolah Pintar Indonesia. Membantu guru merencanakan, membuat dan menyampaikan materi pelajaran. Namun perlu diingat bahwa keunggulan Sekolah Pintar Indonesia tidak menjamin dalam kelancaran kegiatan pembelajaran. Motivasi merupakan peran penting yang sering terlupakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris dengan menggunakan platform Sekolah Pintar Indonesia. Sekolah Pintar Indonesia ini baru saja diluncurkan dan diterapkan di sekolah juga. 3 siswa SMA dari kota Tasikmalaya berpartisipasi dalam penelitian ini. Melalui penelitian kualitatif, dipaparkan motivasi siswa belajar Bahasa Inggris secara daring melalui platform Sekolah Pintar Indonesia. Untuk memperoleh data menggunakan Teknik wawancara semi- terstruktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa belajar dengan menggunakan Sekolah Pintar Indonesia menimbulkan demotivasi, siswa tidak tertarik belajar dengan menggunakan Sekolah Pintar Indonesia karena banyak kendala teknis pada platform tersebut seperti akun siswa tidak bisa masuk, absensi tidak dapat diisi, siswa tidak dapat menyerahkan tugas, aksesibilitas Sekolah Pintar Indonesia tidak dapat diakses melalui perangkat lain selain komputer. Ada juga alasan lainnya seperti kurang penjelasan materi membuat siswa sulit memahami materi, kurangnya komunikasi antara guru dan murid. Temuan lainnya juga masih ada beberapa siswa yang termotivasi belajar. Secara intrinsik, Bahasa Inggris pelajaran yang di minati dan mereka memiliki rasa ingin tahu untuk mengerti bahasa Inggris. Secara ekstrinsik, siswa termotivasi karena mereka senang jika kerja kerasnya diapresiasi, mereka takut mendapatkan nilai rendah, dan siswa ingin mencapai tujuan belajar. Kata Kunci: Motivasi Siswa, Pelajaran Bahasa Inggris, Pembelajaran Daring, Sekolah Pintar Indonesia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | K Law > KD England and Wales |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 01:25 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 01:25 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10630 |
Actions (login required)
View Item |